Sunday, February 24, 2013

Green Green (Grass of) Home


Bener-bener gak inget sejak kapan dan kenapa gw jadi suka warna ijo. Padahal gw inget banget dulu pas SMA, gw suka banget warna biru. Semua-mua biru. Malah di antara temen segeng SMA (aeh, geng), yang suka ijo itu si Eci @dsydcat . Semua-mua barangnya ijo.

Eh kok sekarang malah gw jadi suka warna ijo yah? Tema kawinan Bandung kemaren, ijo-gold. Cat kamar di Bandung, ijo. Iseng-iseng buka blog lama, kaget sendiri kok ijo gonjreng gitu. Dari kapan ya?? Sumpah, amnesia berat soal ini. Tapi ya udahlah, gak semua juga harus diinget-inget kan.

Anyway, kesukaan warna ijo ini berlanjut pada urusan rumah. Hmm, mulai dari mana ya? Let’s start with :

Kitchen Set

The main idea of kitchen set ini adalah: gimana ya biar seneng masak? Oh, kitchen setnya harus bagus (ya ya ya). Yang bagus kayak gimana ya?

Sumpah, at the beginning I have no idea. Walopun nyokap gw seneng banget masak dan masakannya dipuja-puja orang banyak, gw gak (apa belom) suka masak. Tapi dari dulu gw seneng liat acara masak. Mulai dari Wok With Yan, Yan Can Cook (ih bagusan Wok With Yan!), acaranya Bu Sisca Soewitomo, om Rudy Choirudin, Gula-Gula nya Bara, Ala Chef nya Farah Quinn (yeah, guilty pleasure), sampe cooking shownya Uncle Jamie Oliver atau Aunty Nigella Lawson. Gw sukaaa banget!

Gambaran emak-emak Inggris ideal. Cantik, jago masak, seksoy.

Super yummy chef. Oh Uncle Jamie, dimasakin telor ceplok pun aku mauuu 

Dari sekian exposure dapur itu, gw jatuh hati sama style dapurnya Uncle Jamie sama Aunty Nigella. Berasanya anget, gitu. Mungkin karena unsur kayunya ya.

Trus bolak-balik katalog Ikea seperti biasa, and fell in love with this kitchen tone.

Taken from Ikea - lah. Apa lagii?
Dan kebetulan pas juga dengan konsep minimalis country (ada gak sih aliran minimalis country?) ala Moje, langsunglah aku minta dibuatin kitchen set model begini.

Tapi ya sadar diri juga sih kalo ukuran dapurnya seumprit (kebayang ntar kalo lagi goreng bawang, baunya bakal kemana-mana). Seruangan pula sama ruang makan, bahkan ruang tamu. Jadi ya dicontek sekenanya aja lah. Yang penting ada nuansa kayu + warna ijo + off-white.

So far begini hasilnyaaaa... (tapi ini belum finishing cat).

My dear ijo royo-royo kitchen


Im happy, 90% meet my expectation karena sebenernya expect warna ijonya agak lebih muda. Tapi Andri malah suka ijo agak gelap gini. Dapur army, katanya. Ya ya ya. Gak papa yang penting suami hepi. Bismillah, semoga resep-resep jawara akan lahir dari dapur mungil ini.



Wardrobe

a.k.a le-ma-ri.

Gak pernah kepikiran punya lemari macam walk-in closet, karena baju gw juga gak banyak. Tapi melihat kondisi lapangan a.k.a ukuran kamar utama yang kayanya begitu dimasukin tempat tidur langsung berasa sesak, maka kita sepakat untuk tidak menaruh lemari di dalam kamar tidur. Ndak cukup euy.

Kenapa gak dijebol aja dinding kamarnya? Mana mau developer segede BinJay modifikasi rumah sebelum serah terima. Dan kita gak mau jebol-jebol lagi setelah serah terima. Nanti lama lagiiii. Dokunya pun kita tak kuat.

Jadinya, ruang tengah yang ada di lantai atas itu kita anggap sebagai extension kamar tidur. Yang salah satu fungsinya adalah tempat menaruh lemari. Gw suka sama display wardrobe yang ada di Moje. Jadi minta sekalian dibikinin juga sama si Tante, asal jangan sampe bikin ruangan keliatan makin sempit.

Mau warna apa? Tetep dong. Coklat kayu, off-white, daaaan ijo. Ijonya pun sama dengan ijo kitchen set.

Tadinya gini....



Sekarang jadi giniiiii... (ini juga belum finishing cat)

Sumpah gak tau kenapa ini gak bisa di rotate

Ini juga gak bisa di rotate :(

Untuk wardrobe ini, Im beyond happy! Even 120%! Karena menurut gw baguuus banget. Gw sama Andri malah ngerasa pintu lemari ini jauuuh lebih bagus daripada pintu depan rumah (jatah developer). Karena si Tante ini memang pake kayu solid ; either kayu pinus, meranti, atau jati. Kerjaan tukangnya pun rapiiii.

Hiks, isi lemarinya kayanya bakal kebanting sama lemarinya :(


Trus apa lagi ya, yang ijo?

Hmmm, rumput tetangga yang lebih ijo daripada rumput sendiri *sambil liatin rumput sendiri yang nyaris gundul gara-gara bolak-balik diinjek tukang*

Sunday, February 10, 2013

PRO - tu de - GRESS


Nothing beats the joy of Friday night…. Iih aku paling suka Jumat malem. Soalnya udah deket weekend, dan Senin berasanya masih lama! :)

Udah beberapa weekend ini agenda rutinnya:
- Bangun jam 8, leyeh leyeh.
- Pesen sarapan buat Andri. Kalo gak nasi uduk atau bubur ayam pertigaan Cilandak KKO, ya indomie rendang pake baso dan telor dadar (Andri gak suka indomie cabe ijo, gw suka banget!).
- Bikin cappucino buat gw & teh buat Andri, trus nonton Nat Geo Adventure, TLC, atau WarnerTV, sambil baca Kompas Minggu.
- Mandi jam 9.
- Keluar rumah jam 10 – 10.30, menuju Bintaro.
- Mampir Hero Bintaro. Beli lumpia, teh kotak, dan Aqua.
- Sampe rumah Bintaro, udah ditungguin para tukang.

Jadi ya... punya rumah sendiri itu walaupun menyenangkan, tapi... melelahkan dan melatih kesabaran! Apalagi buat gw dan Andri yang cuma punya waktu di weekend buat ngurusinnya. Ehm gw deng. Andri sih suka bela-belain cuti atau izin dari kantor buat nungguin tukang pasang AC atau nge-push tukang kayu yang janjinya pasang kusen & lantai 2 hari, tapi molor jadi seminggu. Laaah gimana ini, katanya mau jadi istri-yang-tidak-ambisius *ups* ;p

Walhasil… progress rumah pun gak secepet yang kita mau. Rencana pindahan bulan Januari yuk dada babay. Jadi, setelah serah terima kemarin, we do some minor renovation: jebol gudang supaya ada space tambahan buat dapur, bikin dak buat jemuran dan teras belakang, dan bikin gudang di bawah dak jemuran (ihiy, tetep punya gudang!). Soalnya kondisi dan desain bangunan dari developer cuma kasih 2 pilihan buat jemuran: halaman belakang atau depan. Gw gak suka liat rumah yang taro jemuran baju di depan. Sementara konsep cluster kita ini adalah dengan backyard. Jadi di belakang rumah itu orang bisa bebas lewat. Ceritanya sih buat jogging track. Dan tiap rumah gak dikasih pagar/tembok belakang.


Track buat jogging sambil kepo ngintip isi rumah tetangga ;p

Secara konsep sih emang bagus yahh, gak dempet-dempetan banget sama tetangga belakang. Dan backyardnya sepertinya juga akan bagus karena dibuat paving block dan ditanamin pohon-pohon gitu. Tapi kalo pemandangan taman belakangnya jemuran tetangga, kan males juga yaaak… Mak dar it, kita minta bikin tambahan dak buat jemuran di bagian atas deket kamar pembantu.

Namanya juga gak pengalaman bangun rumah, kirain bikin dak gitu 2 minggu juga udah kelar. Kelar sih, kelar ngecor maksudnya hehehe. Nunggu keringnya, apalagi musim ujan gini, butuh 2 minggu tambahan. Jadi urusan dak dan gudang ini baru bener-bener kelar dalam 1,5 bulan.

Abis itu, urusan pagar belakang, pintu belakang, dan kusen jendela belakang. We want to keep the idea of having the backyard. Gak kayak beberapa tetangga yang justru bikin tembok tinggi. Tapi belom kebayang, gimana bentuk pagarnya supaya bagus dan gak terlalu ketutup.

Dari ngobrol-ngobrol sama Tante There, dapet ide bikin pagar ala country style. Pas ngobrol itu, gw bener-bener bought in, and reaaaalllly love the idea of having afternoon tea/coffee at the backyard. Padahal kalo dipikir-pikir, kapaaan coba bisa ngeteh/ngopi sore-sore di rumah :|

Idenya kayak ginii...

Ala-ala country getoooh
Atau ginii...

Mungkin setahun kemudian warnanya berubah jadi coklat tanah

Jadinya kayak gini....

Yuuk, mari ngeteh sore dengan pemandangan... hmmm tembok tetangga??

Tentang pagar, pintu belakang, dan lantai belakang ini... sebenernya gak diniatin dari awal buat diganti jadi kayu semua. Seinget gw, emang pernah bilang sama Andri pengen punya teras belakang yang nuansanya kayu kayak gini... 




Tapi gak nyangka kalo ternyata Andri beneran nyari tukang kayu dan nge-brief jadi kayak gini... Hiks akyu terharu ;').... Walopun sebenernya kita gambling juga, karena denger-denger rayap di daerah TangSel ini lumayan banyak juga. Yah, Bismillah aja deh.

Kelar urusan area belakang ini, gimana dengan urusan bagian dalam? Hiks, listnya masih panjaaaaang. Teralis, korden, kitchen set, wardrobe, parket, furniture... Huhuhu... SABAR definitely is my middle name, for any matters deh kayaknya *curcol*.

to be continued yaaaah.