GiliBali Getaway Day 1 – Welcoming Blue Sky!

by - 11:27 PM


Flight & Transportation

Kita pergi pake Lion Air karena direct flight paling pagi (7 WIB) Jakarta-Lombok ya Lion. And it was smooth flight, minor bump lah... Alhamdulillah banget Jakarta yg kemaren-kemarennya lagi hobi mendung, pagi itu lumayan cerah. Begitu pula sampe Lombok (sekitar jam 10 WITA). Ceraaaah bgt. Seriously, rasanya seneng bgt bisa liat clear blue sky setelah sekian lama liat langit Jakarta yg butek abu-abu gitu.

Landingnya di Bandara Internasional Lombok (BIL), di daerah Praya. Ini jg gw tau nama daerahnya gara-gara check in di Path ;p. Bandaranya bagus, katanya masih baru beroperasi, modern ala Terminal 3 gitu, gak kayak yang di film Arisan2. Kita dijemput sama Yudhi, dari @LombokVacation. Dari Jakarta gw udah book dia buat private carter mobil dari BIL ke Pelabuhan Bangsal. Kenapa pake private carter? Karena gw males ribet aja nyari taksi buat ke Pelabuhan. Iya kalo pas ada. Kalo gak ada or gak mau pake argo kan repot.  Walopun relatively pricey (150rb/orang), tapi lebih nyaman dan bebas. Bisa mampir sana-sini dulu pula.



Dari Praya, kita menuju kota Mataram. Sekitar 45 menitan lah. Yudhi ngajak kita lunch Ayam Taliwang di daerah Desa Taliwang yang konon tempat asal-muasal resep Ayam Plecing Taliwang berada. Nama restonya Rumah Makan & Lesehan – Taliwang Raya HM Bahrain Moerad, katanya sih cucunya or siapanya yg punya resep asli si Ayam Plecing Taliwang ini. Tempatnya enak, ala2 lesehan gitu.

Honestly gw bukan pecinta masakan pedes, tapi di sini bisa pesen menu ayam something yg gak terlalu pedes (maap, eike lupa namanya. Tanya aja sama pelayannya ya). Rasanya enaaak, sambelnya nagih, pedes2 gurih karena pake parutan kelapa. Harganya standar Jakarta juga sih, makan bertiga dengan porsi panik kelaparan pleus banyak pelengkap jatohnya 180 rb an.



Done lunch, kita langsung menuju Pelabuhan Bangsal lewat Senggigi. Selama perjalanan dari Mataram – Pelabuhan Bangsal, better dont sleep ya, soalnya 1/3 perjalanan terakhir pemandangannya baguuuus banget. Awas mabok, soalnya jalannya full naik turun dan belokan patah. Liat kanan tebing, liat kiri laut dan jurang. Ngeri ngeri sedap lah hihihi. Tapi yang jelas viewnya super kereeeen. Kita sempet berhenti di Bukit Malimbu, spotnya keren buat foto2.




Sekitar 1 jam an dari Mataram, kita nyampe di Pelabuhan Bangsal. Lumayan prihatin ngeliat pelabuhan wisata kok tampilannya kayak gak kerawat gitu. Suasananya gak terlalu rame, tapi gak sepi juga. Ada beberapa grup turis bule dan domestik yg juga mau nyeberang ke Gili Trawangan, selain penduduk setempat yg juga mau nyebrang sambil bawa segala macem sembako, mulai dari air mineral, telor, beras, gas elpiji, dll buat dipake di Gili. No wonder harga segala macem di pulau mahal. Transpornya susye mak.

Kapal yang membawa kita ke Gili emang jadi satu sama warga setempat plus sembakonya. Biayanya murah, 10 rb / org. Kapal kayu bermuatan hmmm I guess 30 orang, tapi kok gw Cuma ngeliat ada 8 life jacket di atas kapal yak.. Sambil ngeri ngeri sedep gw berdoa semoga cepet sampe ke Gili. Si Andri mah udah ketawa2 aja liat ekspresi muka gw yg tegang. Mana sempet pake acara mesin kapalnya mati segala pula. Jadi kita sempet terombang-ambing di pinggir pantai sekitar ½ jam an. Dooooh untung pulaunya udah keliatan, kalo masih di tengah laut mesinnya mati, dudududu... Perjalanan dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan sekitar 30 menit (minus acara mesin kapal mati ya).



Begitu nyampe pulau, kita langsung ditawarin naik cidomo buat ke hotel. Oh ya, di Gili Trawangan ini alat transportasi hanya cidomo (semacam andong/dokar) dan sepeda. No motorcycle, apalagi mobil! Tarif cidomo ini relatif mahal sih. Dan most likely gak bisa nawar, karena tiap cidomo udah punya rate ke tiap2 hotel. Kita nginep di Luce D’Alma. Sesuai rate, sekali naik cidomo dari Pelabuhan ke Luce D’Alma adl 50 rb. Hmm.. okaay, welcome to the Island!


The Hotel

Kenapa pilih Luce D’Alma? Antara lain karena ter influence blognya mbake Miund dan kesirep reviewnya (mostly) bule2 di sini. Dan review mereka gak salah 100% kok. It was excellent! Spacious room, nice bathroom, big pool yang tinggal nyemplung kalo buka pintu kamar (walopun kata mbake Miund airnya rasa sop), disewain sepeda gratis pula, ooh... syeneeeng! Tapi sayangnya ga ada yg bilang (or gw yg kurang teliti bacanya ya) kalo lokasinya di tengah2 pulau, jadi agak jauh dari pantai.




Emang sih Luce punya private beach di deket Pelabuhan. Tapi jaraknya sekitar 700 m. Jalan kaki? Oh no, thank you very much. Jangan sampe kejadian Singapore terulang kembali walopun gw udah bawa koyo dan balsem segala rupa. Selain itu, kalo malem, di sekitar hotel gelap dan sepiii bgt. Agak horor juga tiap kali pulang abis makan malem. Eiihh tapi cucok dan support banget niy buat misi utama trip kali ini hihihihi

Catching Sunset in Private Beach :)

Gak pake lama2 leyeh2 di kamar hotel, kita langsung hap hap naik sepeda keliling pulau. Dan gw bener2 menikmati suasana dan viewnya. Keren bangeeeet... Beberapa spotnya cucok buat photo hunting. Aaah aku suka banget perpaduan pasir putih, air laut biru, dan langit biru. Apalagi pantainya sepiii... Bener2 berasa private beach.... Dan 70% turisnya bule, jadi berasa di manaaa gitu.



Gili Trawangan emang kecil sih, jarak antara ujung ke ujungnya kalo diputerin (Cuma) 8 km. Tapi klo naik sepeda dgn track berpasir? Trust me, capek book. Akhirnya kita coba motong jalan, dan tembus di daerah barat pulau yang relatif lebih sepi, tapi cukup banyak bar dan kafe dgn musik ajep2 utk spotting sunset.

Kita akhirnya berhenti di seberang Vila Ombak Sunset. Boook, itu bener2 berasa pantai kita ajaaa. Sepiii, kayanya cuma gw berdua Andri doang deh, sama bule cuma lewat2 doang. Pasirnya putih, lautnya tenaaaaang kaya kaca, viewnya.... beuhh... To me it was the best spot! So remote, so quiet, peace, tranquil...



Tapi kita gak berenti sampe situ aja. Berbekal keyakinan masih ada spot lain yg lebih bagus, kita lanjutin perkayuhan sepeda ke arah selatan. Sepanjang perjalanan, liat kiri hutan atau hotel (yep, di tengah2 hutan), liat kanan pantai/laut lepas. Beberapa kali kita brenti buat spotting pictures sekalian update di Instagram ;p.


Sampai menjelang bener2 gelap, kita brenti lagi di Sunset Spot yang konon one of the best sunset spot in the world. Sayangnya sore itu awannya lagi mayan tebel, jadi gak keliatan full sunsetnya. Tapi gw udah cukup puas buat liat gradasi warna langit dalam beberapa menit yang luar biasa keren itu....



Dinner

Masih jam 18.40an sih, tapi udah mayan gelap. Kita langsung mau cari makan aja daripada balik hotel dulu dan nanti keluar lagi. Gelap2 gitu? Hiiiy ndak deh. Malam itu kita makan di Scallywags. Lokasinya udah mendekati arah Pelabuhan/Dermaga lagi. Deket Vila Ombak. Tempatnya bener2 di pinggir pantai.

Makanannya juga wuenakk! Gw pilih chicken something with mushroom and french fries, sumpah enak banget! Porsinya gede sih. Andri pesen apaan gitu (lupa), sama calamari salad, enak jugaaa. Cuminya seger banget. Harganya standar kafe/resto Jakarta. Berdua abis hampir 300 rb. Tapi worthed it banget!

Happy belly lah pokonya. Jadi semangat lagi nyepeda sampe hotel. Gelap dan sepi? Tancaaaap, ngebuut! Yang penting, dont look back in anger lah hihihi

***

Eh eh eh eh, kok ya ndilalah besoknya..... badan kita pegel2 lagi, terutama daerah bokings... Yeah, age doesnt lie!

You May Also Like

0 komentar