IVF #1 (Fresh Cycle), it's not over... *updated with pics*

by - 10:43 PM

Disclaimer: updated with pics and some words :))

Jadi yah... niatnya kan pengen bikin postingan TTC journey series kayak ibu ini. Tapi apa daya. Seperti biasa, moody blogger kayak gw ini emang perlu dipecut biar rajin posting hehehe.

Anyway, mungkin udah ketebak sih ya, hasil dari IVF kemaren, secara gw gak pernah posting apa-apa lagi gitu. Justru ini mau posting supaya semangat lagi ngelanjutin bebi program dan mudah-mudahan bermanfaat untuk kasih gambaran ibu-ibu TTC fighter yang lagi considering untuk IVF  :)

Ini recapnya yah.

Hari ke-3 (Menstruasi): Meet the doctor and kick off
Dari awal ke Morula udah mantep mau konsul dengan dr. Irham. Dan alhamdulillah, so far ngerasa cocok dengan dokternya yang super ramah dan cukup bikin rileks (penting banget ini buat gw).

Saat itu gw cerita tentang proses yang sudah kami jalani selama ini. Gw juga kasih CD operasi laparoskopi kombo tahun lalu buat referensi beliau dan USG TransVaginal (TV) juga untuk cek-cek kondisi down there. Lantas Dokter menanyakan kesiapan kami buat IVF, yang gw jawab dengan, “Lebih cepat lebih baik, Dok,”. Langsunglah setelah itu Dokter share tahapan proses IVF dan waktunya. Karena gw gak punya riwayat PCOS, dr Irham menyarankan paket obat Elonva untuk stimulasi sel telur karena lebih praktis; 1x suntik untuk 4-5 hari. Gak perlu suntik tiap hari seperti obat Gonal yang juga biasa dipakai oleh pasien program hamil. Setelah 4-5 hari akan dicek lagi sel telurnya untuk tahu efek dari obat ini.

Jadilah malam itu juga gw langsung mulai suntik Elonva. Secara paralel, tes darah awal untuk cek hormon, dsb juga tetap dilakukan. Agak gugup juga sih, gak nyangka secepet itu. But, once you’ve made it, never look back.

Intermezzo nih. Saran gw, tetap browsing dan cari info sebanyak-banyaknya tentang IVF ini sebelum konsul dengan siapa pun doktermu. Kalo pelupa, list semua pertanyaan supaya gak penasaran dan resourceful dengan proses yang sedang dijalani. Karena kalo udah di dalem ruang konsul kadang-kadang pikiran suka ngeblank, ngelantur, atau malah gak jadi fokus. Dan begitu udah di luar ruang konsul malah baru keingetan ato kepikiran mau nanya ina-inu. Eh itu sih gw ya hehehe.

Saran lain, mungkin bisa minta pin bb atau nomer telpon dokter supaya bisa BBM atau watsappan. Itu yang gw lakukan dengan dr. Deradjat pas di SamMarie kemarin. Dan itu yang LUPA gw lakukan dengan dr. Irham. Ih dasar Desi!

 Hari ke-7: Cek-cek sel telur.
USG TV, sepertinya sel telur cukup berkembang seperti yang diharapkan. Dokter kasih 3 set suntikan Urgalotran yang harus disuntikkan tiap malam untuk memperlambat pematangan sel telur alias supaya gak pecah sebelum waktunya.

Intermezzo lagi, karena selama program ini bakal akrab dengan suntikan, suster-suster di Morula biasanya bakal ngajarin cara nyuntiknya supaya kita bisa suntik sendiri dan gak repot bolak-balik Morula/RS Bunda. Kalo gak berani suntik sendiri (kayak gw), biasanya Suster bakal ngasih surat pengantar yang bisa dipakai untuk kita suntik di klinik/RS deket rumah atau di manapun.

Gw sempet suntik di RS Premiere Bintaro, dan cukup sekali aja. Bukan apa-apa. MAHAL bok. Karena suntiknya musti di UGD sama dokter jaga, plus ada biaya emergency room segala. Sekitar 300 ribuan sekali suntik, termasuk administrasi karena gw pasien baru di sana. Hari-hari berikutnya gw suntik di klinik 24 jam deket rumah aja. Biaya 1x suntik sama dokter yang lagi jaga di sana sekitar 25 ribu saja. Lumayan banget kan.

Oh ya, selama masa suntik-menyuntik ini gw sempet ke Surabaya untuk business trip. Jadi selain surat pengantar untuk suntik, Suster juga membekali gw dengan surat keterangan untuk izin bawa obat masuk pesawat. Karena obatnya harus dalam keadaan dingin, jadi gw bawa hand-carry cooling bag yang biasa dipakai untuk nyimpen ASI. Mudah-mudahan nanti kepakai beneran buat nyimpen ASI yaaah. Amiiin. Alhamdulillah, pergi-pulang aman dari petugas bandara. Dan selama di Surabaya nginep di hotel yang gak jauh dari RSIA. Jadi urusan suntik-menyuntik tiap malam ini cukup lancar

Hari ke-10: Cek darah Estradiol dan Progesteron.
Hasilnya masih rendah (gw lupa gak nyatet angkanya), belum cukup untuk lanjut ke tahap berikutnya. USG TV, cek telur, Dokter nemu 2 telur di ovarium kanan dan 6 telur di ovarium kiri. Tapi ukurannya masih di bawah 17mm which is ukuran minimal untuk dilakukan Ovum Pick Up (OPU). So, Dokter kasih tambahan 2 set suntikan Puregon 200ml + Urgalotran lagi untuk stimulasi tambahan. Baiklah, urusan suntik-menyuntik ini belum selesai rupanya.

Semua suntikan dilakukan di perut bagian bawah (sekitar tiga jari di bawah pusar). Sakit gak sih pas disuntik? Hmm boong siy kalo bilang gak sakit. Tepatnya lebih ke ngilu kayak dicubit gitu.

Adakah efek sampingnya? Tiap orang mungkin beda-beda yah. Mostly yang dirasakan adalah perut terasa kembung dan begah. Begitupun dengan gw. Selama masa suntik-menyuntik sering berasa kembung dan pengen kentut terus. Parahnya, kalo minum susu (gw minum Pr*nag*n Esens*s vanila) kembungnya berasa lebih parah. Mungkin karena efek zat besinya yang tinggi gak kuat ke lambung ya. Apalagi gw punya maag.

Hari ke-12: Cek darah Estradiol dan Progesteron lagi.
Hasilnya juga masih belum cukup untuk bisa lanjut. Ukuran telur gak seragam, ada yang masih di bawah 17mm. Jadi musti distimulasi dikit lagi. Dokter kasih 1 set lagi suntikan Puregon 200ml + Orgalutran. Sabaar, sabaar.

Hari ke-13: Cek darah Estradiol dan Progesteron lagi.
Alhamdulillah, semua telur udah mencapai ukuran minimal 17mm. Udah bisa prepare buat tahap berikutnya: Ovum Pick Up.

Hari ke-15: Ovum Pick Up (OPU)
Pagi-pagi jam 8 udah stand by di RS Bunda Lantai 4 buat tindakan OPU bareng-bareng beberapa pasien IVF juga. Ada yang pasiennya dr. Ivan, dr. Taufik, dll. Saling tuker cerita dan saling support supaya sama-sama sukses...

Mulai berasa deg-degan pas masuk ruang tindakan, sambil mensugesti diri supaya rileks dan bilang, “Hey, you’ve been through worse thing before... All iz well... All iz well..” Tapi tetep aja takut sama proses bius dan efek sampingnya. Dzikir helps a lot. Sampe ada satu petugas yang mencatat dan memastikan nama gw dan suami, dan setelah itu gw gak inget apa-apa lagi karena biusnya mulai bekerja.


Oh ya, di saat yang sama, sperma suami diambil untuk selanjutnya diproses injeksi ke sel telur.

Begitu sadar, yang gw inget waktu itu gw udah di ruang pemulihan, dan Suster baru ngambil tampon dari down-there. Rasanya? Ngantuk dan agak pusing. Pas ganti baju sempet mual berat hampir muntah karena efek biusnya masih berasa. Sekitar 1 jam di ruang perawatan, baru bisa pulang bawa obat antibiotik (lupa namanya) dan pereda nyeri Mefinal.

Hasil OPU, Alhamdulillah dapet 7 telur. Gak sedahsyat temen dan beberapa pasien lain yang bisa sampe belasan bahkan 20-an telur. Doa gw saat itu, mudah-mudahan semuanya berkembang jadi embryo berkualitas baik. Alhamdulillah juga, post-OPU gw gak mengalami bleeding atau keluhan apapun. Pas banget hari itu tanggal merah, jadi gw bisa istirahat di rumah. Besoknya sih kerja seperti biasa. 

Hari ke-18: Embryo Transfer (ET)
Dari 7 sel telur yang diproses ICSI dengan sperma, menghasilkan 4 embryo yang berkualitas: Excellent (1), Good (2), dan Moderate (1). Selanjutnya, akan ditanam 2 embryo, dan 2 sisanya akan disimpan. Dr Irham menyarankan embryo berkualitas Excellent dan Moderate yang ditransfer, supaya kalo gagal, masih ada peluang dengan 2 embryo yang berkualitas Good. Karena survival rate embryo berkualitas Good saat di-thaw lebih baik dibandingkan dengan yang berkualitas Moderate.

Sama seperti pas OPU, pagi-pagi jam 8 udah standby di RS Bunda Lantai 4 bersama pasien IVF lain dengan 1 botol Aqua 2 liter. Hari itu gw juga ditemenin Bapak dan Ibu yang dateng dari Bandung ;,). Sebelum proses ET ini memang disarankan untuk minum sebanyak-banyaknya supaya kandung kemih penuh dan memudahkan posisi penempelan embryo di rahim. Jadilah minum sampe kembung dan nahan pipis sambil nunggu giliran ET di ruang tindakan.

Saat proses ET, suami boleh ikutan masuk. Seneng deh, biar Andri juga ngerasain betapa tegangnya gw hehehe. Proses detailnya bisa di googling aja ya. Gw Cuma share apa yang gw rasakan dan gw inget hehehe. Rasanya gimana? Hmm sakit. Sakit karena musti nahan pada saat Suster menekan perut bawah sekitar kandung kemih yang udah penuh banget. Tapi lagi-lagi istighfar aja. Tiap kali sakit gitu gw selalu ngebayangin gendong bayi, dan somehow sakitnya berkurang. Pindah fokus kali ya hehehe.

Yang gw inget, waktu itu gw bisa liat di layar monitor, si titik embryo berenang menuju rahim. Subhanallah ya, dari setitik kecil itu bisa berkembang jadi janin dan bayi.... Setelah proses itu, sepenuhnya tinggal kuasa Allah... Ikhtiar manusia selanjutnya hanya menjaga. Pulang dari RS dikasih penguat rahim Utrogestan (2x1), pengencer darah Thrombo Aspilets (1x1), asam folat / Folic Acid (1x1), dan Crinone 8% Vaginal (1x1) buat membantu persiapan dinding rahim supaya embryo bisa menempel sempurna. Btw btw, Si Crinone ini masukinnya lewat Miss V setiap malam. Siapa yang melakukannya? Suami tercinta, tentunya :)

Semacam 'siksaan' tiap malam bersama Crinone... 
Next?? It’s the 2-weeks-wait (2WW). The most dreadful 2 weeks in my life.

Hari ke-22: Suntik Pregnyl (di bokong)

During 2WW
Selama 2WW, dr Irham menyarankan untuk beraktivitas seperti biasa, asal gak terlalu berat. Gak harus bed rest banget. Tapi gw gak mau ambil resiko. Jadilah seminggu pertama gw istirahat di rumah, seminggu berikutnya ngantor dengan syarat: tanpa nyetir sama sekali dan jam 6 udah harus pulang dari kantor.

Ngapain aja selama 2WW?

o   Talk with your friends
Gw hampir tiap hari bbm-an sama Mengko, yang waktu itu lagi bed rest juga karena bleeding di awal kehamilan hasil IVF-nya. 1 embryo-nya gugur, sementara 1 embryo-nya bisa survive, alhamdulillah. Jadi kita saling kasih support aja. Well you know it’s much ‘easier’ to talk with someone with kinda similar experience.

Alhamdulillah juga beberapa sahabat gw sempet maen ke rumah, just for ‘checking me out’ dan ngobrol-ngobrol aja. Itu amat sangat bikin gw happy :):).

Syenangnya dikunjungi Mika dan Bunda Ecy...
Juga Fayaz dan Bunda Risye yang lagi maen ke Bintaro dan gw komporin supaya beli rumah di Bintaro juga hihi

o   Positive thinking
Ah, this is so easier said than done. Gw selalu tergoda untuk browsing, ‘tanda-tanda kehamilan’, ‘tanda-tanda embryo nempel’, dsb. Tapi somehow itu bakal mikin makin stress karena begitu kita gak ngerasain hal-hal tersebut akan bikin stress. Dan sebaliknya, begitu ngerasain sesuatu yang aneh dikit, jadi ge-er. Padahal bisa aja itu tanda-tanda mens karena emang beda-beda tipis.

o   Do something fun and light
Gw sih nyoba masak hehehe. Lumayanlah, jadi juga beberapa makanan buah karya tangan gw sendiri ;p. Trus nyoba-nyoba make up yang gak pernah dipake. Baru inget ada eyeshadow yang gak pernah dicolek hehehe.

Pamer dikit boleh yaa hehe
Ceritanya apple cinnamon toast... Lumayan oke lah, di saat gw lagi crave for apple pie
Mie goreng doang siy, tapi seriously enak haha
Dan baked macaroni cheese andalan...
Ini seinget gw enak banget, tapi gw juga ga yakin siy kalo bikin lagi rasanya
bisa sama kaya gini
Kalo kata Andri siy, apa-apa juga dikasi keju siy pasti enak

Bahan-bahannya...
o   Okay, do browsing.
Tapi jangan terlalu lama. Batasin aja maksimal 2 jam per hari, misalnya. Hmm kalo gw sih gak bisa ya hehehe. Malah iseng searching hashtag #ivf #ivfjourney, dsb, di Instagram dan found out banyak banget orang bule sana yang very open tentang ivf journey nya, even di Youtube. Dan semakin menyadari bahwa, I’m not alone....

Ntar kalo keingetan gw tambahin yaah.


Apa yang dirasain selama 2WW?
Kalo gw sempet ngerasa perut kayak kedutan nyut-nyutan pas Hari ke-8 pasca ET. Trus sempet ngerasa kliyengan kalo di kantor. Tapi gak mau geer, walopun jadi lebay juga siy, sok-sok bilang sama Andri, “Aku kliyengan deh... Kayanya dedek bebinya jadi nih...” hehehe

Trus juga tiap ke kamar mandi bawaannya deg-degan kalo liat CD, takut mens. Pokonya bener-bener gak tenang deh.

Hari ke-31 (H+14 post ET): Cek darah BHCG
Gw sempet geer banget karena udah telat sekitar 4-5 hari. Periode mens gw sangat teratur, jadi lumayan deg-degan pas menjelang hari H. Sebelum cek darah gw gak sabar Test Pack pagi-pagi. Dan hasilnya..... well, u know: Anda belum beruntung. Coba lagi.
Jadi gak semangat pas cek darah, karena udah tau hasilnya.

Hari ke-34: Akhirnya datang juga :(
Means, telat 1 minggu lebih. Which is gw gak pernah telat selama itu.
Konsul ke Dokter dan beliau juga agak surprise, karena kondisi embryonya excellent. Suspectnya adalah kekentalan darah atau faktor lingkungan rahim, seperti infeksi, dll. So, I should start over all again to find out what happen inside.

Artinya, the magic mantra: tetap semangattttt sambil nyanyi ini....


You May Also Like

21 komentar

  1. semangat semangat ya mba... semoga secepatnya diberi kepercayaan... ^^ aamiin... aamiin.. yaa Rabbal Alamiin...

    ReplyDelete
  2. salam kenal, mbak desi:)
    semoga sukses next ivf-nya ya mbak.. kalo sy lagi ttc, tp lagi ldm..
    baby dust for all of us. aamiin :)

    ReplyDelete
  3. Hai Novi, amiiin amiin.. Terimakasih doanya yaah... Jadi makin semangat deh :))

    Hellooo salam kenal juga Santi... Amiin yaah.... Btw ldm apaan yah hehehe... Semangat juga TTC-nya, semoga cepat berhasil yah, udah pengen tebar baby dust nih hehehe

    ReplyDelete
  4. long distance mbaaak, hihihi.. suami di balikpapan, sy di jakarta. lagi ttc trus jauh2an itu lumayan ya rasanya.. lumayan nyeri di dada, hihihihi :D

    ReplyDelete
  5. ldm mbak desiii.. itu lhoh yang long distancean gitu, hahaha..
    suami di balikpapan, sy di jakarta. lagi ttc trus jauh2 gitu rasanya lumayan mbak.. lumayan nyeri di dada :D

    ReplyDelete
  6. @Santi, ya ampun, long distance marriage toh maksudnyah hahaha... Wah itu siy kuat-kuatan aja nahannya, mana jauh pula... Btw gw kelahiran Balikpapan loooh *gak penting*... Ikut pindah aja ke sana, kotanya menyenangkan banget kaan....

    ReplyDelete
  7. kalo ikutan ke balikpapan kayaknya sama aja deh mbak.. suaminya di rig, ke daratnya ya cuman pas cuti aja, huhuhu.. *malah curhat*
    btw, anak indofood ya mbak? di spit? *efek abis ngepoin blog* :D.
    saya dulu juga alumni sana, refinery nya tapi.. hihihi :))

    ReplyDelete
  8. semangat deciii..... mungkin break umroh dulu buat berdoa dan minta doa ama orang soleh.. :)

    ReplyDelete
  9. @santi, hihi enjoy deh klo gitu ldm-nya.. eh iya ketauan deh anak spit hahaha

    @yaniiii, thankyou yahh.. iya niy gak boleh putus semangat ikhtiar :))

    ReplyDelete
  10. semangat terus ya, Des! *hugs*

    btw, gue kemarin iseng main-main ke Bintaro Xchange dan ingat dirimu... hehe, hope one day we could meet :)

    ReplyDelete
  11. Ah Riska, thank you for your kind words! *hugs back*

    Hahaha, padahal gw sering loh weekend mentok-mentoknya ke Bintaro Xchange juga. Yes, I think we shuld meet one day ya Ris!

    ReplyDelete
  12. Halo Desi, gw silent reader slash pengagum rumahmu... Semangat terus yaa :) insyaAllah kepercayaan akan dititipkan di saat yang paling tepat

    ReplyDelete
  13. Halo Desi... gw silent reader slash pengagum rumahmu... Semangat terus ya :) insyaAllah kepercayaan akan dititipkan di saat yang paling tepat

    ReplyDelete
  14. Halooo juga Anya... wah gw tersanjung sekalih, thankyou yaah.. Btw padahal gak segitunya loh, itu permainan angle dan filter Iphone aja hehe

    Thank you banget banget juga supportnyaa... Gw juga yakin Insya Allah si bebi akan datang di saat yang tepaaat :)).. Gw abis mampir ke blogmu, selamat yaah atas kelahiran Si Kecil... Senangnyaa, so complete :).. Semoga sehat terus dan bisa jadi anak kebanggaan dirimu dan suami...

    ReplyDelete
  15. Hai desi, semangat ya..
    kapan mau thaw? mudah2an berhasil ya pas thaw nya..
    unfortunenately gw ga bisa lanjut ke ivf :'(
    -ratih-

    ReplyDelete
  16. Ratih, hai hai... sorry yaah belated response, suka kelewatan :(..

    Kenapa gak bisa lanjut IVF-nya? Sabar yah Tih, kalo kata temen aku semua proses ini semacam ujian keimanan juga... Jadi yah coba sabar dan ikhlas aja... *kaya gampang aja ya kalo ngomong*

    Aku lg H2C nih, lagi 2WW post embryo thawing... Doakan yaah... Semangat yah, never give up! *peluks* :))

    ReplyDelete
  17. Desiii... *peluk*
    bingung mau support apa. cerita aja deh ya. Gue dulu gak ada yg kualitas excellent. Cuma good dan moderate, itupun yang moderate akhirnya harus direlakan untuk nggak bisa disimpan. Jadi cuma ada kesempatan coba ET yang good. Hasilnya? satu gugur pas 4 bulan dan satunya Deeja. Hope the babies are on their way to meet you :)

    ReplyDelete
  18. Desiii... *peluk*
    bingung mau support apa. cerita aja deh ya. Gue dulu gak ada yg kualitas excellent. Cuma good dan moderate, itupun yang moderate akhirnya harus direlakan untuk nggak bisa disimpan. Jadi cuma ada kesempatan coba ET yang good. Hasilnya? satu gugur pas 4 bulan dan satunya Deeja. Hope the babies are on their way to meet you :)

    ReplyDelete
  19. Haiii Shyntiastri.... thanks for your support yaah :)

    Unfortunately not yeat, dear :,(....

    ReplyDelete
  20. Mb desi...tinggal di Tangsel juga yah...salam kenal dri Nita (anonymous)

    ReplyDelete
  21. Salam kenal mbak desi..aq juga desember 2014 IVF #1 dgn 1 excelent & 1 good embrio tapi gagal dengan dokter di morula , skrg lagi start konsul lagi critanya pindah ke dr.irham krn bisa lebih relax dan kasih semangat buat pasien..Mb Desi bisa keep in touch n share pin bb ny?

    ReplyDelete