moments to remember: istanbul, you had me at hello.... (1)

by - 7:38 PM

Masih dalam suasana nostalgic feeling...

Baru nyadar pas kemarin liat foto-foto di digicam ternyata masih banyak yang belum dipindahin ke laptop. Terutama foto-foto pas di Istanbul.

***

Kita terbang ke Istanbul dari airport Jeddah, masih dengan Turkish Airlines. Flight Jeddah-Istanbul sekitar 3,5 - 4 jam. Cek-cek cuaca di Istanbul saat itu masih musim semi dan sering turun hujan. Belajar dari pengalaman kaget kedinginan di Schiphol dulu, sejak antri check-in, kita udah siap-siap ganti kostum. Keluarin coat, syal, sarung tangan, dan ganti sepatu yang lebih enak buat dipake jalan.

Berhubung sampe Istanbul sekitar jam 7 pagi dan bakal langsung cusss city tour, ganti kostum dilakukan di toilet bandara sambil nunggu waktu boarding yang memang lewat tengah malam. 



Btw intermezzo, perkara bebawaan isi koper ini memang agak ribet. Selama umroh, gw seringnya pake terusan abaya  yang bahannya tipis-nyaman (baca: gak bikin gerah) plus jilbab panjang. Sementara untuk cuaca musim semi yang suhu (seharusnya) masih berkisar belasan derajat Celcius itu, musti bawa coat yang lumayan tebel. Walopun cuma 3 hari di Istanbul, gak mau dong cuma bawa 1 coat. Masak kalo difoto bajunya cuma itu-itu doang. Emangnya gak ganti baju #cetek hihihi. Belum lagi bebelian dan oleh-oleh selama di Madinah-Makkah yang pastinya udah nambah kiloan koper. Belum lagi air zamzam yang ikut dibawa ke Istanbul. Nah lo.

Atas saran si keluarga pemilik travel yang juga temennya Andri itu (jangan disebutin namanya di sini deh, ntar doi malu pas di search namanya di google kok munculnya di sini hihi), baju kotor selama di Arab mending dikargoin aja. Jadi gak perlu dibawa ke Istanbul. Lumayan buat bikin lowong koper. Apalagi kalo udah niat beli karpet Turki hihihi. Jadilah segala abaya, jilbab panjang, baju koko, dll dll, dipacking dan dikargoin dari Makkah ke Jakarta. Semuanya diurusin sama orang travel. Kita tinggal ngasih barangnya aja ke orang travel yang ngurusin kita di Makkah (dan duit buat bayar kargonya lah yaaa).

Di pesawat gw ngapain ya? Gak inget, kayanya cuma makan-tidur doang deh. Udah capek. Pengen buru-buru nyampe Istanbul!

***

Istanbul….. you had me at hello!

Despite the small and gak-seru airport, I was instantly in love with the city. Begitu sampe, tadaaaa…. 5 derajat Celcius aja!



Walopun dingin, tapi mataharinya cerah, langit biru bersih, bunga-bunga mulai bermekaran (hello again tulips!), daan… cowoknya ganteng-ganteng banget ya booo! Ceweknya juga cantik-cantik dan gayanya keren. Oh, jacket+shawl+boots never fail!!


Tulip di pinggir jalan aja booo!!


Istanbul is like… old city which is running to modernity. Masih banyak bangunan lama, bahkan masih banyak keliatan kabel listrik seliweran, tapi transportasinya cukup teratur. Hmm, at least terlihat lebih teratur daripada Jakarta karena gak liat ada motor kali ya. Ada semacam MRT yang menjadi alat transportasi warganya. 

Kebalikan dengan Jakarta, di mana bangunan pencakar langit dan hustle-bustle CBD membuatnya terkesan megapolitan, tapi transportasinya parah. Walopun sempat terjebak macet juga di Istanbul, tapi gak separah Jakarta dan masih tolerable.

1st pose in Istanbul!!! :DD


Istanbul lagi bebenah. Beberapa project pembangunan besar sedang berlangsung, salah satunya terowongan bawah laut yang menghubungkan Istanbul-Eropa dengan Istanbul-Asia. I think, there will be ‘much’ different if we visit Istanbul in 4-5 years from now. Semoga Istanbul segera gak kalah maju dibandingkan dengan kota-kota lain di Eropa!


Istanbul is like… long lost friend which always ready to hear your stories… Distant indeed, yet warm. Walopun suasananya beda banget dengan di Indonesia, masjid-masjid cantiknya membuat hati terasa hangat #tsahh


Pengen banget lari di pinggir laut iniiii!!

Istanbul must-see #1: Ayasofya - Blue Mosque - Topkapi Palace

Karena berada dalam satu wilayah yang berdekatan, gw jadikan 3 tempat ini menjadi satu kelompok must-see places in Istanbul. Mapnya, bisa lihat di sini 

Dimulai dari:

- Hagia Sophia atau Ayasofya, adalah museum yang dulunya pernah digunakan sebagai gereja Ortodoks dan Masjid. Bisa cek ke sini sejarahnya ya. 

Gw bukan penyuka sejarah. Hmm ya biasa aja gitu, maksudnya. Kalo traveling, gw juga tipe yang lebih suka view pemandangan/alam daripada gedung/bangunan tua. Tapi gw sangat impressed sama Hagia Sophia. Interiornya bagus banget. Gak abis pikir deh, gimana ya orang-orang jaman dulu bikin bangunan cantik kayak gini.





Eitsss jangan lupa wefie!! 

Btw di halaman Hagia Sophia ada semacam kafe outdoor buat ngopi dan ngemil. Tempatnya instagramgenic banget. Kita sempet nongkrong cantik bentar sambil minum Turkish coffee dan ngemil baklava. Tapi gak lama, soalnya.... kedinginan! hahaha

Gaya nyesep kopi ampe bibir jontor supaya bisa pas posenya hihi
Baklava... Rasanya: campuran antara manis dan manis banget.

Sultanahmet Camii atau Masjid Sultanahmet atau yang lebih terkenal dengan sebutan Blue Mosque. Info dan sejarahnya bisa dicek di sini 

So, is Blue Mosque really blue?



Yang biru adalah... langitnya!

Hahaha gak deng... Warna motif dinding masjid Sultanahmet ini memang didominasi warna biru. Kita sempet sholat Dzuhur qada Ashar di masjid ini. Dan lagi-lagi, interior masjidnya baguuuss banget. Bikin betah.

Aksen lampu-lampu seperti lilin itu sepertinya khas Turki ya...
Beberapa masjid yang gw datangi di Istanbul interiornya mostly seperti ini...

Btw pas wudhu, gw sama Uni Lia sempet kaget soalnya airnya dingin banget kaya es! Wah gimana ini wudhu pake air es, bisa kaku badan. Jadi wudhunya pake air seiprit-seiprit deh. Lumayan juga ya buat irit air hehe. Trus di sini tempat wudhunya dikasih semacam bangku dari keramik. Jadi wudhunya sambil duduk.

Trus, di sini juga gw merhatiin cewek-cewek Turki yang cantik-cantik banget kayak boneka. Saking kagumnya, gw ngajakin mereka ngobrol dan foto bareng dong hihi. Kalo diajak ke Indonesia pasti udah pada jadi artis sinetron deh. Lucunya, mereka ramah-ramah banget dan seneng banget diajak foto bareng hihihi.

Idung gw ketilep banget deh sama cewe cewe Barbie ini hihi

- Topkapi Palace atau Istana Topkapi, adalah istana tempat tinggal kesultanan Ottoman yang luaaaasssss banget. Gw juga baru tau dari sini kalo ternyata istana ini merupakan istana kedua terluas di dunia setelah Istana Versailles di Perancis.


Hohoho kinclong banget itu jidat

Dan memang tempat ini luaaaas dan baguuuus banget. Banyak taman, pepohonan, dan pemandangan ke Selat Bosphorus. Berhubung dari pagi udah jalan terus, sampe Topkapi kita bener-bener udah gempor kecapean jalan, bahkan gak banyak foto-foto juga di sini.

Di sini bisa ngeliat benda-benda peninggalan Nabi, termasuk Nabi Muhammad, tapi antrinya maaak... Sempet nyerah karena mikir ga ada nilai ibadahnya juga kan (maklum, masih kebawa aura umroh hihihi), tapi lantas mikir lagi, mumpung di sini toh....

Tapi dasar eike bukan pecinta historia, begitu udah masuk, bawaannya pengen buru-buru keluar karena di dalem juga penuh banget sama orang. Mending juga foto-fotoan di sekitaran Topkapi hihihi 

Guguk aja ngaso....
Mirip ya mereka... Ya eyalah, kakak-adek hihihi 
Dari tempat satu ke tempat lain, biasanya para turis jalan kaki. Dan walopun jaraknya (keliatannya) berdekatan, tapi kalo dijalanin gempor juga lho. 
Hagia Sophia - Blue Mosque: 400 m
Blue Mosque - Topkapi Palace: sekitar 800 m
(one way)

Apalagi cuaca dan anginnya semakin sore semakin dingin. Buat gw, selain jacket/coat, syal dan sarung tangan is-a-must! 

Yeah, mari kita OOTD!
Shawl: Maima
Coat: Shajna (lucu-lucu deh, gak terlalu mahal pula buat ukuran coat!)
Sarung tangan: Forever 21
Skirt: Restu Anggraini
Stocking: H&M
Shoes: Naima
Bag: Mulberry Alexa
Tentengan isi souvenir kalo gak salah :D
Walopun capek banget, tapi alhamdulillah super hepi dan super cinta sama Istanbul.... Sepanjang jalan, viewnya juga bagus semua. Pengen rasanya membombardir feed Instagram dengan foto setiap pojok Istanbul hihihi


Eits, ada mas-mas botak kesayangan akuh!
Ada apa di hari kedua dan ketiga di Istanbul? There'll be more must-see places to go, must-try foodies, and must-buy stuff!

Nantikan postingan berikutnyaa. 
Doakan saya gak malas yaa hihihi (lo aja doa sendiri Des ;p)

You May Also Like

0 komentar