suddenly Singapore (1): #terturis2016 (Vivocity - Garden ByTheBay - Helix Bridge)

by - 10:51 AM

Prologue:
Untuk menghibur hati yang gundah gulana setelah gagal IVF #3, gw pengen quick getaway sebelum mulai ngantor lagi setelah unpaid leave 1,5 bulan. Berhubung kerjaan Andri lagi padat banget, doi cuma bisa cuti 1 hari, which means... liburannya cuma bisa 3 hari 2 malam over the weekend. Nah, ke mana destinasi yang cucok buat tujuan santai-santai tapi gak mau di pantai? Dalam bayangan gw, kegiatannya bakal cuma jalan santai, cuci mata, shopping dikit, lari di taman, dan ke toko roti hehe.

Singapur-lah jawabannya!

Buat gw dan Andri, Singapore menorehkan memori khusus di hati, tsaaahhh hihi. Terakhir ke Singapore buat jalan-jalan pas tahun 2011, dan waktu itu kesannya kurang bagus karena kecewa sama hotel yang kamarnya super kicik dan bahkan sempat mati gaya di hari ke-3/4. Maklumlah, kita gak suka theme park, jadi gak terlalu menikmati USS. Kita gak suka juga ke kebun binatang dan museum, jadi berasa mati gaya karena gak ada tujuan yang sama-sama kita enjoy. Gak seru yah kita waktu itu. Lah kata siapa sekarang seru hihi.

Tapi seiring dengan kedewasaan diri (apa hubungannya?), kita yakin quick getaway ke Singapore tahun ini bakal seru. Maka dalam waktu lumayan singkat, begitu terima rapor merah dari hasil IVF #3, gw langsung menyibukkan diri dengan cari tiket, melototin review hotel di TripAdvisor, dan browsing hal-hal seru di Singapore yang kekinian. Thanks to postingannya Riska, Risti, juga Laila tentang Singapore yang banyak bantu buat bikin itinerary. Lebay yeee, cuma pergi 3 hari 2 malem doang hahaha. Kata Andri aja, kayak pergi ke Bandung doang, ngapain dibikin ribet. Dihh mana bisa mrs planner kayak eike pergi tanpa itinerary ;p.

***

Day 1 : Changi - Cuscaden Rd - Vivocity Mall - Gardens By The Bay - Helix Bridge - Marina Bayfront

Check-in at Hotel Jen Tanglin - lunch at Wisma Atria - (window) shopping at Vivocity
Flight AirAsia jam 7 pagi WIB, nyampe Changi masih jam 10 pagi. Udah sepakat mau langsung ke hotel buat check-in dan taro koper. Males banget jalan-jalan sambil geret koper. Kok ya kebetulan banget milih hotel yang gak deket sama station MRT, tapi deket sama halte bus. Cek-cek rute di Google Maps, naik bus udah pilihan paling pas dibandingkan naik MRT soalnya gak pake pindah-pindah bus dan tinggal jalan dikit (ehm, gak dikit-dikit amat sih) dari halte. Tinggal duduk manis di bus 36 dari halte Changi PBT2, trus tidur aja sampai kira-kira 1 jam setelah melewati 30 halte (!), baru berhenti di halte Regent Hotel. Jalan 240 meter, sampe deh di hotel. 

Btw gw lebih seneng naik bus daripada naik MRT, karena bisa menikmati view dan berasa lebih nge-blend sama warga Singapore yang gw perhatikan kemana-mana hobi pake celana pendek, t-shirt kutung, sendal jepit, dan bawa kantong kresek. Dan sepanjang yang gw perhatikan, kayanya yang lebih seneng naik bus ini orang yang lebih tua dibandingkan anak-anak mudanya. Jadi kalo punya waktu luang buat sightseeing, saran gw sih lebih baik naik bus. Tapi jangan kaget juga kalo gaya nyetir driver bus di Sing ini juga lumayan bikin shock. Udah beberapa kali gw ngeliat penumpang yang hampir jatoh karena kaget drivernya ngebut atau ngerem tiba-tiba.

Sampe hotel sebelum waktu check-in, kamarnya udah ready. Jadi lumayan banget sempet leyeh-leyeh bentar dan sholat yang ternyata kecepetan karena adzan dzuhur di Singapore baru sekitar jam 1 siang hohoho. 

Oh iya, kita menginap di Hotel JEN Tanglin, grupnya Shangri-la Hotel, yang memang menargetkan pengunjung yang lebih muda dengan personality hipster in a positive way gitu lah yaaa. Lokasinya di Cuscaden Road, sekitar 1 km dari Orchard Road. Hotel ini lumayan baru direnovasi, sebelumnya namanya Traders Hotel. We're so happy with the hotel. Kalo suka sama style Morrissey Hotel atau Pullman Hotel Central Park yang design interiornya kontemporer, ala-ala industrial, dan kekinian banget, pasti suka sama Hotel JEN Tanglin ini. Another thing I love: FREE Wi-fi dan kenceng di semua lantai, sampai ke dalam kamar juga! Ih tau banget yah kalo kita anaknya hobi snapchat-an yang makan banyak kuota hihi.

Dindingnya kecee!!

Kayanya Hotel JEN Tanglin ini butuh postingan review tersendiri deh. Yang jelas, gw dan Andri suka banget. Dan maaf juga gak ada foto kamar hotel soalnya keburu berantakan sebelum difoto, seperti biasa. Jadi ini foto dari website orang, which is... beneran kayak gini! 

Image from www.booking.com

Dari hotel, tujuan pertama adalah VivoCity Mall karena ada yang memang pengen dibeli di situ hehe. Eh sebelumnya lunch dulu deng, di foodcourt Food Republic - Wisma Atria. Dari Jakarta udah niat pokonya mau puas-puasin makan nasi lemak. Jadilah pencarian menu fokus ke nasi lemak, yang mana emang berasa enak banget. Gak tau deh karena pas lagi laper banget atau emang enak banget.

Ikan bilisnya juaraaa!

Mumpung jadi turis di Orchard, tentunye tak lupe makan one dollar ais kim dong ;D

Jidat Andri glowing banget yak hihi

Dari Orchard ke VivoCity tentunya naik MRT. Duh buruan dooong MRT di Jakarta jadi. Enak banget deh ya di Sing ini kemana-mana cepet, gampang, dan aman. 


Strolling at Cloud Forest, Flower Dome, and Supertree Grove at Gardens ByTheBay - early dinner at Satay ByTheBay
Kelar yang dicari di VivoCity, kita langsung ke tujuan utama Gardens ByTheBay (GBTB) yang kesohor itu via MRT. Saran: lebih baik beli tiket buat masuk ke conservatory (SGD 56/pax) via online aja. Lumayan buat hemat waktu daripada ngantri di loket. Gak usah diprint juga gak papa, asal nunjukin e-ticket di handphone buat discan barcode-nya di pintu masuk.

Kegiatan yang wajib dilakukan di GBTB tentunya: FOTO-FOTO dong :DDD


Gaya ngeringin keti abis seharian jalan

Tujuan pertama kita di dalam GBTB adalah conservatory Cloud Forest. Alasannya adalah, karena gw pengen ngadem di air terjunnya yang fenomenal itu hehe.

Sendu amat tatapanmu mbak'e...
I love love Cloud Forest! Suasananya adem dan bener-bener berasa seperti di dalam hutan  tropis (buatan). Gak ngerti deh berapa gede effortnya buat develop dan maintain conservatory ini. Coba, berapa gede watt listrik buat bikin suhunya tetep adem gitu. Dih lagi liburan juga ngapain mikir begituan yah. Yang jelas, keliling di Cloud Forest ini bikin kaki super pegel. Dan rugi sih kalo gak ngetes adrenalin dengan jalan di jembatan buat lihat view Cloud Forest dari atas. Saran gw sih, gak usahlah nekat pake high heels ato wedges sekalipun kalo gak mau lecet.

Setelah Cloud Forest, conservatory berikutnya adalah Flower Dome. Ini juga cantik banget, thematic park gitu, ada Timur Tengah, Afrika, Mediterania. Flower Dome kemarin lebih rame daripada Cloud Forest karena mungkin pas lagi ada pameran tulip yang lagi mekar. Tapi mungkin karena gw udah kecapean jalan di Cloud Forest, pas masuk Flower Dome gw udah gak terlalu excited. Jadi selewatnya aja. Bahkan cuma foto sekali dua kali doang di Flower Dome. Apalagi di kebun tulipnya, orang udah kayak cendol mau foto-foto semua dengan background tulip.

Tapi jangan salah, tulipnya cantik-cantik banget loh. Walopun masih kalah cantik dan ragamnya gak sebanyak tulip di Keukenhof sih. Ya eyalah. Tapi gak nyesel kok ke sini, super worthy!

Satu dari sedikit foto di Flower Dome hehe
Keluar Flower Dome, langit udah mulai gelap. Gw pengen liat lampu-lampu cantiknya Supertree Grove. Jalan lagilah kita menuju wilayah Supertree Grove yang gak jauh dari Flower Dome.

Jelang Magrib di bawah Supertree....
.... jangan sampai lupa wefie :DD

Kelar liat lampu, mulailah berasa lapar. Tempat makan yang seru kayaknya si Satay ByTheBay itu. Kalo liat map, sebenernya jarak Supertree Grove ke Satay BTB itu gak jauh sih, 750 m = walk 10 minute kata Google Maps, tapi mengingat seharian udah jalan belasan kilometer, sungguhlah kaki ini rasanya letoy banget. Tapi berhubung kebawa suasana romantis, tsaaahh, jalan pelan-pelan nyampe juga di Satay BTB. Eh beneran loh, view dan suasana menuju Satay BTB itu menyenangkan banget. Jalannya di pinggir (gak di pinggir banget sih) Marina Bay River yang kalo sore menjelang malam gitu suasananya romantis banget dengan lampu-lampu, trus banyak juga yang lari sore, naik sepeda. Aku sukaaa!

Di Satay BTB, entah kenapa kok gak pengen makan sate yah, padahal baunya menggoda banget. Tiba-tiba berasa kenyang aja. Keliling-keliling food stall, akhirnya memutuskan makan fried cheese carrot cake dan Andri makan kwetiau goreng. Haha, standar. Rasa makanan gw biasa aja, kayak martabak, sementara kwetiau Andri lumayan enak.

Fried cheese carrot cake yang seperti..... martabak keju!
Mana carrot-nyaaa... manaaa??
So, how's GBTB? Laffff!! 4.5 of 5 for the beauty.

Gak bosen-bosennya komentar, gile ya orang Singapur ini, niat banget bikin beginian. Dasar emang negara kecil, jumlah warganegara sedikit, jadi 'gampang' dimanage, all out tiap bikin segala sesuatu, dan disiplin dalam me-maintain-nya. Agak sedih kalo ngebandingin sama Indonesia, or at least Jakarta. Bikin warganya disiplin aja susah banget *sedih inget trotoar yang penuh pedagang kaki lima atau pengendara motor yang motong jalan lewat trotoar*.


Night walk at Helix Bridge - Marina Bayfront
Abis lumayan kenyang makan, niatnya cuma pengen pulang. Capeee bo, gempor berat akuuu huhu. Belum lagi inget itinerary besok pagi yang mana mau lari pagi pula. Cek-cek Google Maps lagi, paling cepet lagi-lagi naik bus 36 supaya 1x jalan doang sampe halte Regent deket hotel. Halte terdekat dari Satay BTB sekitar 1 km, dan harus melewati Helix Bridge dan Marina Bayfront. Entah di mana itu, pokoknya kita ikutin ajalah si Google Maps dengan.... jalan kaki!

Surprisingly, view dari Helix Bridge menuju halte bus Seating Gallery itu cantik banget. Helix Bridge di malam hari juga cantik banget, dengan lampu-lampu birunya. Sempet baca sih di www.yoursingapore.com kalo salah satu sunset spot terbaik di Singapur adalah di Helix Bridge ini. Waktu itu udah jam 9 malam lebih tapi suasana masih lumayan rame.

Singapore Flyer dari balik pepohonan, dalam perjalanan
dari Satay BTB menuju Helix Bridge
Art Science Museum Singapore view dari satu spot di Helix Bridge
Yeay, the beautiful Helix Bridge, Marina Bay Sands, dan
Art Science Museum Singapore in one frame!
Nyampe hotel, makin berasa pegelnya pinggang sampe kaki. YokoYoko to the rescue! Liat Garmin Smart Vivo-nya Andri, hari itu ternyata kita udah jalan sejauh 16.5 kilometer. Gile, gak mungkin banget terjadi di Jakarta, kecuali gw ikut Half Marathon race yang mana entah kapan kejadian. Dan gile yaaa, jalan segitu aja pegelnya banget banget, gimana mau ikutan HM huhu.

To sum up, I love this gempor day!! Can't wait for tomorrow!!!

Next: 
suddenly Singapore (2): surprising trail run/walk in Southern Ridges Park and visiting Sing hip streets

You May Also Like

2 komentar

  1. aah laff banget sama trip reportnya <3
    buat next trip insya Allah gue pengen nyoba ke gardens by the bay, Des. untung udah direview sama elo, hehe.. jadi bisa nyontek itinerary-nya, deh.

    ohya (sopir) bus di Sing emang kalo ngerem nggak pake preambule yah, mana kasar bangettt jadi kita kayak diaduk-aduk di dalem xD

    ReplyDelete