Pregnancy Update: 35 Weeks! ~ Acid Reflux, Sungsang, and Others

by - 9:46 PM

Halooo... Assalamualaikum..

Rasanya lama banget gak update, padahal banyak yang pengen di share. Melewati minggu ke-30 kehamilan, feels like time even flies faster. Minggu ini sebenarnya kehamilan gw sudah memasuki minggu ke-38. Counting weeks or even days to due date.... Deg-deg-an abis hehehe...

Tapi supaya ada journalnya, gw share yaa highlight hingga kehamilan minggu ke-35 kemarin.

Back to 1st Trimester?
Gw lupa share di postingan ini kalau di minggu ke-29 kehamilan, gw sempat mengalami maag kumat dan acid reflux yang cukup parah. Kalo di trimester 1 dan 2 gw justru mencari makanan yang cenderung spicy, kali ini gak bisa. Makan berbumbu dikit rasanya seperti ada yang nyangkut di tenggorokan, dan terasa mual.

Puncaknya, sekitar seminggu setelah Lebaran, gw lupa abis makan apa dan merasa perut gw sakit banget. Pindah posisi tidur aja gak bisa. Rasanya perih seperti ditusuk-tusuk. Whatsapp dr. Handi, beliau bilang Promag atau Mylanta aman untuk ibu hamil. Lebih baik lagi kalau ada Polysilane atau Pantozol 40. Tapi berhubung stok obat maag gw hanya ada Mylanta cair, itulah yang gw minum malam itu.

Sayangnya rasa sakit gak berkurang. Sekitar jam 12 malam, gw minta antar Andri ke UGD RSPI - Pondok Indah untuk berobat. Sengaja gw memilih UGD RSPI supaya semua medical record tercatat di sana karena memang sudah mantap memutuskan untuk melahirkan di sana.

Setelah diberi obat maag suntik (lupa namanya apa), pelan-pelan rasa sakit berkurang. Gw juga minta cek detak jantung janin dan alhamdulillah baik-baik saja. Sekitar jam 3 pagi gw bisa pulang.

Posisi Bayi Sungsang?
Di postingan ini, gw juga lupa share (there you go, pregnancy brain! haha) kalau pada saat USG 4D dengan dr. Bambang, posisi kepala janin masih di atas alias sungsang. Saat itu memasuki minggu ke-30 kehamilan. Biasanya di usia kehamilan itu, posisi kepala bayi sudah mulai turun ke bawah untuk 'belajar' persiapan kelahiran. Tapi masih cukup waktu supaya kepala bayi turun. Salah satunya dengan gerakan yoga.

Beruntung gw akhirnya bisa dapat slot untuk ikut kelas prenatal yoga di Pro V Clinic sama doula dan bidan hits Mba Mila @jamilatus.sadiyah yang selalu full dan waiting list itu. Di salah satu kelasnya, Mba Mila memberikan PR ke gw dengan mencontohkan beberapa rangkaian gerakan. PR ini harus rajin dilakukan sendiri di rumah. Buat yang mau tau gerakannya, bisa juga lihat di Youtube channel-nya @parentalk.id ya. Selain itu jangan lupa juga melakukan afirmasi positif dan komunikasi intens dengan janin supaya mau 'muter'.

Entah kebetulan atau bukan, sore harinya pas jadwal gw kontrol dengan dr. Fitriyadi, posisi kepala #babyUna sudah di bawah. Hasil kontrol semua juga bagus dan sehat. Alhamdulillah banget. Saat itu dr. Fitriyadi juga meyakinkan bahwa gw bisa melahirkan dengan normal. Aamin, semoga ya Dok!

Hari itu gw gak berhenti bersyukur, rasanya positif sekali :).

Gatal-gatal dan Breakout
Yang paling terasa gatal adalah daerah perut, yang mana menurut mitos adalah karena rambut bayi mulai tumbuh. Dipikir-pikir make sense juga karena di trimester 3 memang waktunya bulu-bulu di tubuh janin tumbuh. Bersamaan dengan itu, kondisi perut pun semakin membesar karena pertambahan berat badan janin terbanyak memang terjadi saat ini. Jadilah kulit perut meregang dan itu rasanya gatal banget!

Ibu gw berkali-kali mengingatkan supaya gak menggaruk perut karena nanti bisa berbekas. Jadi tiap kali ngerasa gatal ya diusap-usap aja hehe.

Trus juga entah kenapa tiap kali gatal di bagian tubuh lain, bekasnya menetap lebih lama. Sampai sekarang pun kaki gw masih bentol-bentol kemerahan penuh bekas gatal. Begitu juga di wajah. Gw tahan banget untuk gak garuk-garuk supaya gak bruntusan dan bentol-bentol kayak badut hehe.

Tasyakuran 7 Bulan Kehamilan
Sebenarnya tadinya tidak berniat untuk bikin acara lagi selain tasyakuran 4 bulan kehamilan kemarin. Tapi Ibu gw yang 'mau repot' untuk bikinin acara di rumah Bandung. Dengan mengundang temen-temen pengajian kompleks dan Pak Amin, ustadz yang juga memberikan gw dan Andri penataran pra-nikah KUA dulu, alhamdulillah acara tasyakuran 7 bulanan kehamilan terselenggara juga dengan lancar.

Kalo mengikuti adat Jawa, 7 bulanan kehamilan biasanya diisi dengan acara mitoni. Ada beberapa prosesi, yang paling seru adalah saat ganti kebaya dan kain sebanyak 7 kali atau yang biasa disebut 'pantas-pantasan'. Tapi berhubung gw gak mau ribet, jadi tasyakuran ini hanya diisi dengan ceramah ustadz dan khataman Al Quran oleh ibu-ibu pengajian kompleks aja.
Ada bubur 7 rupa... Biar sah 7 bulanannya hehe
With Tisha & VQ, geng trio cewiwis pas kuliah..
Anak-anak pertamanya udah kelas 5SD dan 1 SMP, tapi masih ga berubah
alias awet muda ajaa
Time for Newborn Shopping & Nursery Room Preparation
Ini yang paling seru yaaa... Gw sempat share di postingan ini kalo belanja perlengkapan newborn untuk anak pertama itu seru dan tricky banget karena semua terlihat sangat menggoda hehe. Budget yang udah disiapkan bisa bengkak luar biasa karena belum tau mana yang butuh aja vs butuh banget vs gak butuh.

Untuk ini sih gw ingat-ingat aja pesan semua orang: Jangan kalap, Desi! Hihi

Dan menurut gw sih so far cukup-cukup aja. Malah Ibu gw sempet bilang kalo jumlah baju yang sudah gw beli kurang karena dalam sehari bayi bakal sering banget ganti baju karena pipis/pup, muntah/gumoh, atau keringetan. Nanti kapan-kapan gw share aja deh yaa postingan khusus tentang belanja perlengkapan newborn dengan waras hehehehe...
Nursery room in progress.....
Btw, berhubung saat itu Andri masih opname di RS, yang fotoin ini adalah... bapak gw! hihi
Andri sakit :(
Nah.. sebenarnya ini yang paling menguras energi kemarin. Andri sakit dan harus opname di RS selama hampir seminggu. Dengan gejala sakit perut seperti maag dan muntah berkepanjangan, awalnya sempat didiagnosa hepatitis. Hasil cek darah di lab awal menunjukkan fungsi hatinya yang bermasalah ; SGOT dan SGPT-nya tinggi. Tapi dari hasil lab lanjutan, hepatitis A/B/C-nya dinyatakan negatif.

Hari ke-3 opname di RS, Andri dirujuk ke dr. Rino Gani, Sp.PD, dokter internist konsultan gastro hepatologi untuk konsultasi lebih lanjut. Oleh beliau, Andri disarankan untuk menjalani MRCP (semacam MRI tapi untuk area abdomen dan sekitarnya) untuk mengetahui lebih lanjut apa penyebab sakitnya supaya bisa langsung dilakukan tindakan pengobatan.

Dari MRCP tersebut, ketauan ternyata ada batu di saluran empedunya yang mengakibatkan infeksi dan gangguan fungsi hati. Alhamdulillah langsung bisa diobati. Hari ke-5, Andri udah boleh pulang ke rumah dan masih harus recovery sekitar seminggu.

Selama sekitar 2 minggu itu otomatis perhatian terfokus untuk kesembuhan Andri. Untungnya persiapan belanja newborn dan nursery room yang gede-gede macam baby gears udah hampir beres di bulan kemarin. Sebagian juga order via Shopee/Tokped; they're such life saver! Bapak Ibu gw langsung datang dari Bandung untuk menemani gw, takutnya gw tiba-tiba brojol hehe. Saat itu kehamilan gw sudah memasuki minggu ke-35. Jalan udah berat, tidur udah gak enak. Andri pun gak mengizinkan gw untuk tidur di sofa kamar RS karena memang gak nyaman dan bikin sakit punggung. Walaupun jarak rumah ke RS cukup dekat, tapi bolak-baliknya itu cukup menguras pikiran dan tenaga. 

Selama lebih dari 10 tahun bersama (pacaran + nikah), baru sekali itu gw lihat Andri kesakitan dan terlihat lemah. It feels so... broken-hearted. Mikirnya udah macem-macem aja, mana lagi hamil gede gini. Tapi alhamdulillah semuanya udah lewat. 
Lagi ngantri mau MRCP... ketawa tapi grogi...
Yang penting sembuh ya bub! Laffff!
Learningnya... kesehatan itu MAHAL! 
Mahal biaya pengobatan udah pasti, tapi capek mentalnya itu lho.... 
Tapi namanya juga cobaan sih ya... Kita gak pernah tau kapan datangnya. Yang penting dihadapi dengan sabar dan ikhtiar selalu untuk jaga kesehatan:))

So far, itu yah kayaknya highlight hingga kehamilan minggu ke-35 kemarin. Nanti kalo inget gw update di postingan berikutnya yaa...

Bismillah... Semoga sehat-sehat terus yaa semuaa :*

You May Also Like

0 komentar