living the dream ?

by - 11:24 PM

Anyone growing up with Growing Pains, Full House, Step by Step, or.. mmm... TV3 Malaysia’s TV Commercials?

I WAS!!

Hihi, ketauan yak betapa tuwirnya gw. But Im so blessed to be born in early 80s. Ya masak mau sedih? Every generation has their own story toh? Dan entah kenapa tiba-tiba hari ini gw lagi pengen reminiscing the childhood and tweeny days dulu.

Jadi yah, gw lahir dan besar di Balikpapan, tepatnya sampe SMP kelas 1, karena emang bokap tugas di sana. Seinget gw dulu kota Balikpapan itu luasnya seumprit. Ibaratnya, Minggu pagi jam 8 keluar rumah buat keliling kota, eh gak sampe jam 1 siang udah sampe rumah lagi trus siap-siap nonton Little Missy depan TV. Itu udah pake makan siang dan muterin kota loh. Namanya juga kota kecil. Mungkin seukuran Bintaro+BSD. Eh ini dulu yaaa, ingatan anak kecil yaaa. Sekarang sih udah banyak daerah perluasan.

Walopun kota kecil, tapi kehidupannya sangat-amat menyenangkan. Tinggal di kompleks. Pulang-pergi sekolah naik jemputan. Baru pas kelas 6 SD mulai boleh naik taksi (di sana angkot itu nyebutnya taksi). Gak jauh dari kompleks, ada Pantai Melawai (iye, Melawai. Emang Jakarta-minded kayanya) buat makan pisang gapit atau ronde sambil liat sunset dari balik Pulau Tukung. Iy ngingetnya aja seneng deh!

Trus kalo gak salah, pas mau lulus SD, si Bapak ngebeliin motor. Gara-garanya, gw ngiri liat temen-temen pada udah boleh naik motor. Berhubung kasian kali ya, di suatu hari, Bapak ngebeliin gw motor tanpa bilang-bilang sama si Ibu. Wuaa seneng banget dong. Tapi gw inget banget waktu itu Ibu sempet ngambek karena emang beliau gak ngizinin gw buat naik motor. Ya gimana boleh, baru juga kelas 6 SD, masak naik motor. Mens aja kayanya belom deh, apalagi punya SIM. Mana jalan sekitar kompleks rumah itu naik turun berbukit dengan hutan kecil dan jurang kanan-kiri. Eh gak jurang-jurang amat sih. Tapi medannya cukup challenging buat beginners.

Biasanya sore-sore gitu gw sama geng kompleks keluar maen (aeh, geng!) buat jalan-jalan naek motor keliling kompleks. Seru deh. All I remember was just fun, fun, fun!

Disclaimer: below images not mine, but taken from http://kotabalikpapan.wordpress.com
 
Salah satu spot keren deket rumah, namanya Gunung Dubbs.. 
See, berbukit-bukit kaan :) 
View kilang minyak..


Another thing I remember about my childhood and tweenies was: TV3 Malaysia! Yah maklumlah, dulu di Kalimantan mana dapet RCTI. Tapi semua rumah punya parabola yang bentuknya kayak sarang burung itu. Tontonan most days? TV3 Malaysia dong. Dari situ gw jadi bukti (atau korban?) the power of TVC. Gw jadi aware sama beberapa brand, seperti Nescafe, Dulux ICI, Salem (cigarettes), Maggi, Kelogg’s, dll, karena gw suka sama iklan-iklannya yang bagus.

Iklan yg bagus menurut gw waktu itu adalah iklan yang lucu dan aspirational. Yg lebih ke emotional gituh. Yang isinya macam-macam happy family or couples giggling together. Ideal living gitu lah. Bukan iklan-iklan yang direct selling. That’s how thematic TVCs working, I think. For the purpose of so-called long-term brand investment. Early recruitment, bukan short-therm purpose. Buktinya, gw pakai produk dari beberapa brand itu. Mm, or its just only me yang gampang kemakan iklan kali ya? (Kata Andri sih iya, hihi)


Selain iklan-iklan TV3 yang sedikit banyak membentuk konsep ideal living gw, American TV series macam Growing Pains, Full House, Step by Step itu juga banyak berpengaruh. Gw dulu selalu membayangkan kalo jalan di kompleks rumah gw itu somehow adalah American neighbourhood. Daun-daun rontok di jalan itu somehow buat gw ceritanya lagi musim gugur. Yang paling parah, gw juga pernah berpikir kalo gw itu sebenernya bule Amerika! Hahaha, macam delusional ya. Namanya juga anak kecil. Btw, Ibu gw dulu stress gak ya liat gw kayak gitu? :)

Disclaimer: this below images not mine as well.
Taken from http://kotabalikpapan.wordpress.com


Salah satu spot perumahan di daerah Pancur - Balikpapan...
Mirip-mirip kaan sama American neighborhood beneran (ngambil dari google)..
Gak parah amat lah ya gw ngayalnya hehe

Tapi gilanya juga, gw punya satu sahabat yang juga sama terobsesinya sama American living. Namanya Nuzlia, alias Lia. Kita dulu kompetitif banget. Dia rangking satu, gw rangking dua. Gw jadi kayak semacam sidekicknya gitu. Kerjanya musuhan-baekan-musuhan-baekan. Kalo lagi akrab, kita sering ngobrol berdua pake bahasa Inggris sambil cekikikan ampe diliatin orang-orang hihi. Btw apa kabar ya dia? Terakhir liat FB nya, I think she’s living her dream. Married with American (atau European ya? Pokonya bule). Punya anak cewek yang super cute, dan sekarang tinggal di Amerika.


Seiring waktu berjalan dan menghadapi realita kehidupan (aeh!), I kinda neglect my kind of dream living. Biar gak terlalu stress aja sih. Siapa sih yang gak pengen punya ina inu, hepi hepi selalu? Tapi kan namanya juga hidup, ada tawa, ada tangis. Intinya sih: EMBRACE. Hope for the best, prepare for the worst. I think its one of the best way to live a life. Kenapa tiba-tiba jadi sok bijak ginih?

Eh tapi masih punya kepengenan juga siy....  buat:

Camping di Yosemite Park-California, sama anak & suami...
Inget banget dulu di rumah Balikpapan punya kalender gambar foto Yosemite Park..

Trus having family portrait di depan settingnya Full House di San Fransisco...

Eits, naik haji dulu kalee... *inget cicilan, inget cicilan, inget cicilan! inget B project, inget B project, inget B project!*

Lagiaan... gak segitu indahnya kok... Ini buktinya, orang Amerika sendiri yang bilang:


*menghibur diri*

You May Also Like

4 komentar

  1. hehe sebage yg besar dgn view kilang minyak (tapi di Riau), akupun penggemar stasiun tipi Malaysia. Tv3 dan RTM :D dan iya, masa kecil dihabiskan dengan menonton serial-serial Ameriki dan membaca buku-buku terjemahan dari luar negeri. Macam Enid Blyton dll itu lah.

    salam kenal ya jeung :)

    ReplyDelete
  2. Haii jeng Ndutyke.. iy seneng deh punya teman dgn pengalaman masa kecil yg sama:). TV3 sama RTM alias TV1 itu dulu udah hiburan paling top kan yah. Aku juga fans Enid Blyton's, terutama Malory Towers series-nya. Sempet kpengen juga sekolah di boarding school gara-gara kesirep buku ini, hihihi.

    Salam kenal jugak! :)

    ReplyDelete
  3. hai desi tau blog ini pas liat2 IG dari mmh chicanddarling apa ya hihi lupa saking banyak nya liat2. Baca blog nya trus nemu post ini. Aku dulu juga tinggal di gunung dubbs (i guess you also lived there) skitar taun 97-99. Jadi kangen balikpapan banget liat post ini..

    anw salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  4. Haaii Tissa, thank you for visiting yah! :))

    Gw dulu tinggalnya di jl. Karimata (Kebun Bunga), deket Lapangan Merdeka, tapi suka maen ke Gn. Dubbs juga, banyak temen tinggal disitu. Hmm, tahun 92-93an kali yaah.. Belum pernah balik lagi nih ke Balikpapan, padahal pengen bangeeet....

    Just visit your blog, lovely postings & pics :)))

    ReplyDelete