When (some of) things to be done, is done.. [Prologue - The road back then]

by - 10:45 PM

Pheww... Beneran yah, this year is like a rollercoaster for me. Some big things happen,  like, in a minute. And then the minute after I found myself kinda differently.. Hopefully  in better way..

So.. Ini tentang B Project. My hope and faith about the reason why I'm coming in this world, ceileh drama bgt yak hihi. Tapi emang so far, project satu inilah yg paling banyak taught lesson in my life. Pelajaran sabar, ikhlas, dan usaha. Btw its gonna be long and kinda boring post! Less pic juga, soalnya gak sempet foto-foto hehe.

Singkat cerita, tahun ini gw dan Andri berniat serius ngejalanin B Project ini karena emang inget umur gw yg udah gak muda lagi (tapi percaya deh, jiwa dan tampang gw masih kinyis-kinyis kok. Kelakuan juga kadang2 ;p). A very good friend of mine yg lagi sama-sama TTC re-assure me, "Gw gak mau aja nanti tiba2 udah umur 35, trus nyesel karena doing less effort for having a baby, sementara kondisi tubuh udah gak memungkinkan," She said that after 3 times failed of insemination session.

She's definitely right, karena somehow we've been like in such comfort zone. We have loveable husband, peer pressure yang gak terlalu kuat (udah bosen juga kali ya nanya 'udah isi belom'), masih bisa ngelakuin apa yg kita mau, such ngejar karir, quick getaway sama suami kapanpun kita mau, beli apapun yg kita mau.. Dan buat gw, dorongan buat serius baby program ini honestly juga gak serta-merta dari awal nikah. Buktinya, di tahun pertama-kedua pernikahan, kita cuma 3x ke dokter ObGyn (waktu itu di KMC) dan memilih kabur pas disaranin buat USG lebih lanjut ke dr. Azen hehehe. Selanjutnya, gw lebih demen mantengin thread Make Up & Skin Care daripada thread Trying to Conceive di forum andalan Femaledaily, belum lagi disibukkan dengan urusan kerjaan yang super high load dan Rumah Bintaro.

Sampe akhirnya pelan-pelan Rumah Bintaro settled, dan urusan kerjaan kok tetep high load terus, gw seolah kembali diingatkan kalo prioritas utama gw at the end adalah keluarga. I wanna have a family. (At least) a kid, which I can nurture and express my unconditional love.

Tapi yah, rejeki dan jalan orang beda-beda. Alhamdulillah sampai saat ini gak kekurangan apapun, tapi di satu sisi masih belum dipercaya buat gendong bayi sendiri. Artinya? Ya harus extra effort dong:).

***

Sejak itu, some of our weekends spent di SamMarie. Baik gw maupun Andri ngikutin segala tahapan tes. Mulai dari yang standard macam USG TransVaginal (TV), tes darah, tes hormon, mikrokuretase, sperm analysis, sampai Hysterosalpingogram (HSG) buat ngecek apakah ada sumbatan saluran telur. Dari yang tadinya takut luar biasa, sampai no option but keep moving dan merelakan diri untuk diubek-ubek. Demi menjemput impian, aehh..

Pas di HSG misalnya, begitu cairan kontras masuk dari u-know-where ke saluran tuba, yang ada rasanya antara nyeri, ngilu, dan pengen pup.. Tapi gw bayangin aja sambil gendong bayi, somehow it helps reduce pain, walopun abisnya yaa tetep ngiluuu ya booo..

Dari serangkaian tes itu hasilnya emang both of us having problem. Dari USG TV & HSG, gw ada indikasi perlengketan dan hidrosalping (pembengkakan tuba). Sementara di Andri juga ada yang harus di-improve. Selain itu, antibodi gw juga ternyata terlalu tinggi untuk terima sperma Andri, jadi kita harus ngejalanin treatment ILS (Imunisasi Leukosit Suami) yang takes time minimal sekitar 9 minggu. Dokter ObGyn kita juga nyaranin buat Laparoskopi-Histeroskopi (LO) untuk validate whats happen inside. Kalopun memang ada masalah, bisa sekalian diberesin. But it's up to us, mengingat biayanya gak murah, pernikahan kita masih di bawah 3 tahun, dan umur gw belum 33 tahun.

Andri gak mau buying time. Lebih cepet ketauan masalahnya, lebih cepet diberesin, lebih baik kan. Dan Andri tipe yang mau nuntasin satu hal dulu sebelum ganti-ganti yang lain. So instead of having 2nd opinion di dokter/RS lain, Andri prefer untuk tuntasin dulu treatment nya, karena waktu dan biaya yg dibutuhkan buat start another treatment lagi juga gak sedikit. I think it's fair juga, daripada setengah-setengah.

Waktu emang jadi pertimbangan utama kita. Kalo bisa semuanya diberesin sebelum bulan puasa & Lebaran. Selain itu Ibu gw juga ada rencana umroh sama keluarga Eyang sebelum bulan Puasa. Andri pengennya pas gw operasi ditemenin Ibu, biar tenang.  

Soo, begitu gw dapet mens, langsung contact SamMarie dan booking schedule untuk tindakan LO, di hari ke-8 gw mens. Alhamdulillah banget, Ibu Bapak gw pas lagi gak ada acara plesir sama geng kompleks (like they used to do few weeks back then hehe), urusan manasik dan persiapan umroh Ibu udah beres, dan bos gw sangat support sama B Project ini, jadi di sela-sela kerjaan super high load karena lagi prepare big launch project coming di depan mata, (hopefully) dia support me sincerely. Not to mention Andri’s boss, beliau juga sangat support our B Project, jadi urusan cutinya cukup lancar. Jadi di hari H, my closest inner circle bisa nemenin, minus adek-adek gw.

Kalo udah gini, no other way but move forward, toh...

You May Also Like

4 komentar

  1. desiii sing lancar yaaa...semoga dimudahkan jalannya untuk segera gendong ade bayi :)

    kasusmu sama kaya temenku...dia antibodinya tinggi sekali jadi susah nerima sperm yang masuk. so far masih ikut terapi dan berpikir untuk bayi tabung (karena umurnya udah 35 juga sih)

    semangat yaaaa :) :)

    ReplyDelete
  2. Makasi Lomiii... Amiin.. amiiin...

    Iyaa gak pernah kepikiran kalo jalannya musti ginii.. Tapi yah musti ikhlas dan pasrah. Yang penting usaha, jangan sampe nyesel.. Doakan yaah!

    Btw happy bday buat Kinan, semoga jadi anak kebanggaan dirimu dan suami selalu *hugs*. How time flies yah Lom, perasaan belum lama isi blog kita tentang ribet wedding preparation :)..

    ReplyDelete
  3. hmmmmm aku kok kayaknya blom pernah cek anti-bodi ya. noted jeung..... *manggut2*

    ReplyDelete
  4. Jeng Tyke, gak ada salahnya ceki-ceki.. Mudah-mudahan gak ada apa-apa yah. Kalopun kenapa-kenapa, ada treatment nya kok. Semangka! :)

    ReplyDelete