My Updated Skincare Routine

by - 3:59 PM

Waah udah lama banget ya gak posting tentang skincare. Padahal kalo lihat data statistik di dashboard Blogger, postingan tentang #menujukinclong2014 ini masih merupakan postingan dengan viewers terbanyak. Udah 3 tahun yang lalu yah. Apakah sekarang sudah kinclong? Hmmm... dududu *kabur hihihi

Tahun lalu gw sempat update skincare routine juga di postingan ini. Setelah itu sempat juga membahas tentang review beberapa produk The Bath Box yang gw pakai pada saat IVF tahun lalu. Agak kaget juga bahwa ternyata produk yang gw pakai sekarang hampir semuanya dari berbeda. Wah apakah itu tandanya saya kurang setia? Tentu tidak. Kurang ceria, mungkin #kriuk *nice try Des hihi

Secara urutan dan jenis/fungsi produk, tidak banyak yang berubah dari skincare routine gw sebelumnya. I would say, simple not simple. Masih sekitar 7 step, gak sampai 10 step seperti Korean skincare routine kok hehe. Dan produk yang gw pakai masih dari brand yang berbeda-beda. Mix and match aja. Tergantung kebutuhan, budget, dan brand apa yang lagi campaign pada saat gw beli hahaha (artinya: lagi sering di-rave sama beauty influencers di Instagram atau Youtube).

Kondisi kulit gw juga tidak terlalu banyak berubah. Ini yang gw ulas di postingan terakhir.

Kondisi kulit : Normal cenderung kering
Keluhan / permasalahan kulit :
- Bagian mata mulai terlihat keriput dan dark circle (well, same old story continued)
- Dry patch di beberapa area 
- Skintone tidak merata
- Terkadang terlihat kusam

UPDATE yang gw lihat per hari ini:
Kondisi kulit : Normal cenderung kering ~ masih sama
Permasalahan kulit :
- Keriput dan dark circle ~ tidak berubah. Mungkin lebih buruk :(. Aging oh aging, let's just embrace it.
- Dry patch ~ improved. Sangat improved. Sesekali saja bermasalah kalo salah makan (alergi, timbul ruam), mau mens, atau kondisi tertentu seperti abis panas-panasan lama di Half Marathon misalnya.
- Skintone tidak merata ~ sedikit tambah parah. Dark spots dan skin pigmentation gw sepertinya semakin terlihat jelas.
- Terkadang terlihat kusam ~ menurut gw sih.... improved yaaa hehe

Sekarang mari kita bahas sekilas produknya sesuai urutan pakai ya.

1. CLEANSER #1 - MUJI ORGANIC CREAM CLEANSING
Untuk first cleanser, gw gak bisa memilih format mana yang lebih disuka: cleansing cream atau cleansing oil, karena kedua-duanya cukup ampuh buat gw. Daya bersih Muji Organic Cream Cleansing ini nyaris bisa disamakan dengan Kanebo Blanchir Superior Cream Cleansing yang pernah gw pakai sebelum Muji. Rasanya muka jadi bersih. Ada sedikit wewangian ‘organic’ tapi gak mengganggu.

Cara pakainya, biasanya setelah gw aplikasikan di wajah, gw pijat-pijat sebentar sambil creamnya emulsified (seperti meleleh di wajah). Kemudian gw bersihkan dengan kapas yang sudah dibasahi sedikit ke seluruh wajah. Oh ya, untuk make up mata dan bibir gw tetap pakai Maybelline Make Up Remover karena lebih ampuh.

Repurchase? YES. Belinya sekitar setahun yang lalu dengan harga 20-22 SGD, di store Muji Vivocity Mall Singapore. Dengan nett weight sekitar 150gr, produk ini cukup efisien karena pemakaiannya cukup lama ~ bisa lebih dari 6-7 bulan. 

2. CLEANSER #2 - SENSATIA BOTANICALS ORIGINAL SOAPLESS FACIAL CLEANSER
Alternate with: SENSATIA BOTANICALS LEMON MERINGUE CREAM CLEANSER
Belajar dari suhu skincare mba @AffiAssegaf di Skincare 101 Youtube Channelnya Femaledaily Network, untuk second cleanser bisa menggunakan produk yang lebih ‘light’ ; less bulldoze untuk membersihkan wajah. Dan gw berhasil teracuni untuk mencoba 2 produk dari Sensatia Botanicals sekaligus: Original Soapless Facial Cleanser dan Lemon Meringue Cream Cleanser.

Dari keduanya, gw lebih suka Sensatia Botanicals Original Soapless karena  wanginya sangat subtle (bahkan cenderung gak wangi) dan sama sekali gak ada rasa kering setelah memakainya.

Repurchase? YES. Harga 130 ribu (220 ml). GAK ABIS-ABIS deh pokonya. Ampe bosen hahaha.

While I don’t think will repurchase the Lemon Meringue :).
Current combo cleansers
3. EXFOLIATING TONER - HADALABO TAMAGOHADA MILD PEELING TONER
Ini sih kayanya udah banyak banget yang review ya. Mild exfoliating toner yang gak berasa exfoliate saking mild-nya hehe. Seperti produk Hadalabo yang lain, produk ini buat gw tidak menimbulkan reaksi negatif sama sekali dan sangat nyaman dipakai. Efek produk ini sangat melembabkan dan kulit terasa lebih cerah dalam pemakaian jangka panjang.

Repurchase? YES and NO. Beli dengan harga sekitar 16-17 SGD setahun yang lalu di Watsons/Guardian (lupa) di Singapore. Di Malaysia malah lebih murah. Dengan nett weight 170 ml, produk ini juga GAK ABIS-ABIS deh pokonya. Ampe beneran bosen makenya hahaha, makanya mikir-mikir mau repurchase kecuali belum nemu exfoliating toner lain. 

4. HYDRATING TONER - SENSATIA BOTANICALS CLEOPATRA’S ROSE FACIAL TONER
Format kemasannya yang berbentuk botol spray/mist dari bahan plastik membuat produk ini sangat praktis untuk dibawa saat traveling. Tapi gw kurang begitu suka dengan jenis rose scent-nya. Untuk fungsi hydratingnya, okelah.

Repurchase? NO. Pengen coba hydrating toner dari brand lain.
Harganya 150rb (120 ml).
Current combo toners...
Label brand hydrating mist Sensatia-nya aku copot,
biar kesannya kayak di spa haha
Aslinya seperti ini... Pic from here
5. SERUM - LANEIGE WATER BANK ESSENCE_EX 
Kayanya telat yah gw nyoba produk ini. Menurut gw, sebagai serum produk ini cukup light. Teksturnya agak kental, tapi kekentalannya gak se'padat' Estee Lauder Advance Night Repair (ANR). Ketika dipakai pun cukup terasa ringan. Untuk fungsi melembabkan, memang juara lah. Tapi ya udah, itu aja. Dengan format kemasan botol kaca dan net weight 60 ml, serum ini juga tergolong lebih murah dibandingkan serum dari brand Jepang atau Eropa. Dan itulah alasan kenapa gw membeli serum ini :)).

Repurchase? NO. Masih pengen coba serum lain :).
Harganya 550 ribu.

6. EYE SERUM - JURLIQUE ADVANCED EYE SERUM
Dari semua produk skincare yang gw pakai saat ini, bisa dibilang eye serum inilah produk favorit gw saat ini. Pakenya pun disayang-sayang. Entah kenapa gw juga sangat suka dengan konsep brand ini. (That's why they're pricey Desi! It's the marketing gimmick).

Kemasan produknya yang berupa botol kecil dengan pump membuatnya terkesan mewah. Tekstur produknya mengingatkan gw pada (lagi-lagi) serum Estee Lauder ANR ; kental berwarna coklat dengan wangi herbal yang lembut. Dan entah lebay apa enggak, gw ngerasa di minggu-minggu awal pemakaian, efeknya terasa untuk membuat kulit di bawah mata gw terasa protected and smooth, seperti klaimnya.

Ah, pokoknya cinta deh sama produk ini. Dengan harga 670 ribu untuk 15 ml, produk ini sungguh... MAHAL :(

Repurchase? Hmmm, maunya sih YES. Tapi kalo nemu yang lebih murah dengan kualitas sepadan, ya jadi NO.

7. SUNSCREEN - NEUTROGENA ULTRA SHEER DRY-TOUCH SUNSCREEN SPF50+
Ini juga termasuk produk favorit di rangkaian skincare gw saat ini. Reviewnya gw ambil dari postingan Instagram aja ya:
"Teksturnya creamy lebih kental daripada Skin Aqua / Biore. Awalnya agak kecewa karena takut berminyak dan white cast di muka. Tapi surprisingly pas dipake, jatohnya sama sekali gak white cast dan gak berminyak. Bisa jadi base/primer juga sebelum foundation/bedak dan bisa menyatu dengan baik. Dan berasa ringan juga.
Dibanding Biore dan Skin Aqua, harganya emang lebih pricey. Sekitar 22-23 SGD. Tapi tekstur dan kualitasnya bisa sibilant mendekati sunscreen Kiehl's yang harganya 2x lipat (isi 30ml)."
Love!

Repurchase? YES.

Sekitar 3-4 hari sekali, setelah pakai Cleanser #1, gw exfoliate pakai:
ESSANO ROSEHIP Gentle Facial EXFOLIATOR
Gw beli ini karena tertarik sama 'rosehip'nya. Karena beberapa waktu sebelumnya gw pakai rosehip oil dan suka banget sama hasilnya.

Teksturnya cream berwarna coklat muda dengan butiran scrub berwarna coklat. Wanginya terkadang agak aneh, tapi masih okelah. Cara pakainya, setelah pakai cleanser #1, gw aplikasikan di seluruh wajah. Kemudian gw diamkan sekitar 10-15 menit. Setelah agak mengering, gw pijat perlahan, dan bilas dengan air dan kapas supaya lebih bersih.

Hasilnya, wajah terasa lebih halus, bruntusan sedikit berkurang, tapi gak berasa kering. Harganya sekitar 25 SGD (100ml), gw beli pas lagi di drugstore di Singapore juga (ketauan banget ya, belanja skincarenya sekali doang).

Repurchase? YES and NO karena pengen nyoba scrub dari brand lain.

ST. IVES BLEMISH CONTROL - APRICOT SCRUB
Walaupun ternyata ada pro-kontra tentang produk ini, so far gw sendiri happy dengan produk ini. Cara pakainya mirip dengan ESSANO, yaitu mengaplikasikan di wajah setelah pakai Cleanser #1. Tapi bedanya dengan ESSANO, gw langsung memijat wajah perlahan tanpa menunggu hingga 10-15 menit. Kemudian langsung bilas dengan air. Gw suka banget sama wanginya. Fresh banget!

St. Ives ini kalo gak salah udah mulai masuk drugstore di Jakarta. Pernah lihat kalo ga salah ada di Watsons, harga 70 ribuan (170gr) which is very cheap!

Repurchase? YES and NO karena pengen nyoba scrub dari brand lain.
Current combo exfoliators...
Kalo lagi rajin, setelah pakai scrub biasanya gw maskeran. Udah ada beberapa masker yang gw coba, mulai Glam Glow, snail gel Korea, sampai sheet mask dari aneka brand, mulai dari SK-II, My Beauty Diary, dan yang terakhir ada di rumah saat ini: Innisfree. Kayanya Innisfree termasuk yang oke yah: gak terlalu mahal, banyak varian, dan efeknya juga lumayaaan.

LEARNINGS AND PLAN FOR NEXT SKINCARE ROUTINE?
  • Masih believe bahwa kulit yang bersih adalah koentji. Oleh karena itu cleanser is my ultimate must-have product. Gw masih ngincer beberapa cleanser yang direkomendasikan sebagai bulldozer cleanser, seperti: Heimish, Banila Co, The Body Shop Camomile Sumptuous Cleansing Butter (doh namanya panjang amat), dll. Open for recommendation yaa.
  • Seharusnya gw sudah mulai fokus pada perawatan anti-aging, terutama untuk menyamarkan kerutan dan meratakan warna kulit yang terkena dark spots akibat sinar matahari. Tapi berhubung sedang persiapan untuk program hamil, gw harus lebih berhati-hati terhadap kandungan yang terdapat di suatu produk skincare. No retinol dulu, pastinya. Pencarian tentang organic/natural skincare belum berakhir. Bahkan sekarang lagi giat cari info tentang bahan alami untuk dijadikan skincare. Seperti misalnya belum lama ini gw menemukan artikel bahwa wortel bisa dijadikan bahan untuk anti-aging treatment. Ya, semacam itulah.
  • Mempertahankan hidrasi kulit yang menurut gw saat ini sudah membaik dengan hydrating toner dan serum. Btw do you notice that I don't use any moisturizer/facial oil product on my skincare routine above? Ya, karena simply saat ini gw merasa sudah cukup lembab. Malah terkadang merasa berminyak kalo ditambah facial oil lagi. Know your skin condition and needs.
  • Lebih banyak mencoba produk skincare Korea. Hihi kemana aja Des? Ya gitu deh. Maklum bukan pecinta drama Korea (dan drama-drama lainnya hihi). Jadi gak terlalu tertarik untuk mencoba. Tapi dari melihat banyak rekomendasi plus harganya yang gak terlalu mahal, maka saya akan semakin sering membaca tentang skincare Korea. Open for recommendation juga yaah buibu!
  • Beli skincare baru hanya jika yang lama habis! Ini nihhhh, learning banget dari coba-coba selama ini. Karena ujung-ujungnya yang akan dipake hanya yang cocok banget atau yang mahal banget (karena sayang dibuang haha). Jadi kecuali skincare itu gak cocok banget, gw berusaha banget untuk menghabiskan skincare yang lama.
Sebenarnya tujuan utama dari merawat kulit wajah ini bukan untuk tampil super mulus, flawless atau tanpa keriput. Karena sepertinya gak mungkin yaaa, kecuali melakukan treatment super intensif dengan bahan-bahan kimia ~ yang gw gak mau lakukan. We can't escape from gravity.

Tujuan gw merawat ini adalah untuk membuat diri gw happy karena gw sudah merasa melakukan yang terbaik untuk diri sendiri dan mudah-mudahan bisa bikin happy juga orang yang sering melihat (baca: SUAMIK) atau orang-orang di sekitar gw. Kalo gak kita sendiri yang merawat diri, siapa lagi? Jangan lupa, skincare ataupun make up terbaik adalah SENYUMAN dan HATI YANG BERSIH karena dari sana akan terpancar ketulusan di mata yang keriput sekalipun #ahzek . 
No filter and super less make up.Dark circle, wrinkles, dark spots don't care.. as long as you.... SMILE and HAPPY!
 It's the best skincare and make up :)))
Sekian dulu postingan tentang skincare kali ini. Kalo punya rekomendasi produk bagus yang underrated alias jarang diulas beauty influencers tapi kualitasnya bagus atau punya saran tentang tips-tips anti aging dengan cara alami, monggo yaaa... Aku akan senang sekali!! :)

You May Also Like

2 komentar

  1. Physiogel Cleanser saya mah...no fragrance & even aman buat bayik, maklum punya baby eczema heuu jd lumayan produk2 doi dari dokternya bisa dipake emaknya yg kulitnya kering & selalu terpapar AC, klo sunscreen lg suka merk lokal, i.e. mistine ato cathy doll, a must try, sini yuk belanja kosmetik dimari seru jg loh, byk merk thai tp made in korea loh, murceee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah neng Intan, nuhun yaa rekomendasinya... Produk bayi pastinya aman buat kulit sensitif yaa... Duuh kamu deh, makin bikin pengen cuss ke Bangkok. Tapi apa dayaa hiks.. Tapi aku catet dulu rekomendasi kamu. Thanks a lot yaa!

      Delete