My Running Journey

by - 10:12 PM

Yeay, officially no longer virgin half-marathoner!
*abaikan eyeliner eike yang bleber haha*
With Indi, sesama geng tangzel runner at #jakmar2016


Sometimes still can't believe I WOULD RUN that far #lebay

Semuanya berawal dari.... penasaran
Penasaran, gimana sih rasanya lari 21 kilometer. Dan penasaran juga, gw cukup kuat gak sih buat lari sejauh 21 kilometer.

Hampir 2 tahun belakangan ini memang mencoba untuk rutin lari. Kenapa lari? Karena buat gw ini olahraga yang paling praktis; bisa dilakukan kapan pun di waktu senggang, dan gak perlu bergantung sama siapa pun alias bisa dilakukan sendiri. Alhamdulillah juga lingkungan rumah gw cukup menunjang karena gak jauh dari jogging track yang cukup panjang dan (beberapa spot) cukup adem.

***

Back to couple years then, gw sebenarnya biasa aja sama olahraga. Gak terlalu suka juga pelajaran olahraga karena malas panas-panasan. 

Pas SMP ikutan ekskul basket karena kalo gak salah waktu itu cuma basket satu-satunya ekskul yang masih available buat anak pindahan. 

Pas SMA lumayan suka ikut kelas aerobik. 

Pas kuliah, sesekali masih ikutan aerobik, tapi selebihnya malas :D.

Pas awal kerja, lumayan suka lari pagi di Taman Tebet karena tempat kos gw lumayan deket sama Taman Tebet. Jadi kalo gak malas bangun pagi, Minggu pagi suka lari di sana. Catat ya, kalo gak malas hehe. 

Pas awal nikah, lumayan sering juga lari pagi bareng Andri di Ragunan karena waktu itu tinggal di rumah orang tua Andri yang memang deket Kebun Binatang Ragunan yang enak banget buat lari pagi. Tapi gak terlalu intensif juga sih.


2014

Mulai serius rajin lari. Waktu itu sebenarnya gara-gara ikut Andri yang harus menurunkan berat badan setelah lihat hasil medical check up sekitar 3 tahun lalu. Pas banget udah pindah ke rumah sekarang yang lingkungannya lebih menunjang buat rajin lari.

Sejak itu, mulai deh makin semangat... beli outfit lari ;p. Dengan alasan biar larinya rajin juga haha. Tapi beneran sih, salah satu cara supaya tetap rajin lari, ya pake outfit atau gear baru. Apalagi kalo nemu baju long sleeve yang bahannya dri-fit, wah super hepi deh. Soalnya di Jakarta susah dapetnya.

Ikutan running race event? Boro-boro deh kepikiran.

Cupu yak running outfit gw haha.. 
Ini baju maen plus baju tidur plus 
baju olahraga.. Belum kenal lah sama 
compression legging ;p


2015 

Semakin rajin lari. Kalo gak ada acara, hampir tiap weekend berusaha menyempatkan diri untuk lari. Sampai-sampai tiap ke luar kota bela-belain bawa koper lebih berat karena bawa running kit

Di tahun inilah gw dan Andri mulai ikutan running race event. Telat sih ya. Tapi gak papa lah. Barulah di situ ngerasain serunya aura race. 
  • Race pertama kami, Astra Green Run (AGR ~ Juni 2015) di Ancol. Itu pun karena event kantor Andri jadi daftarnya gampang. Gw ikut yang 5K, Andri yang 10K. Lumayan hepi karena dapat PB (personal best) di 35:13 menit.
1st race yang bikin nagih :D


Selain AGR, race lain yang diikutin adalah Bandung Eat & Run (Desember 2015) Itu pun
karena event-nya adik gw, jadi bantu-bantu sekalian mudik ke Bandung. Lumayan seru juga
sih, lari malam-malam 5K abis hujan di seputaran Dago, Bandung yang elevation-nya
lumayan challenging itu.

Race lucu-lucuan sama abege Bandung...


Tapi sebenarnya keinginan untuk ikut race ini-itu gak terlalu menggebu-gebu karena mulai mikir slowing down untuk persiapan IVF. Jadi buat gw, lari itu buat cari endorphin. Because post-running always the best feeling, seriously.


2016
Trail-run yang juga nagih!

Selama persiapan IVF, gw benar-benar berusaha slowing down dari aktivitas apa pun: unpaid leave dari kantor dan mengurangi frekuensi lari sama sekali.

Dan begitu failed IVF, gw balik lari lagi. And running helps faster recovery from the broken heart feeling post failed IVF.
  • Race terdekat yang slotnya masih available saat itu adalah race yang lokasinya di seputaran kompleks: Run For Education (RFE ~ Mei 2016) yang diadakan mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya Bintaro. Ikut 10K. Gak dapat PB sih (1:13), tapi lumayan buat seru-seruan ngeramein Bintaro. Gak perlu bangun super pagi pula.
Di taman mall favorit anak bintaro...

  • Trus seru-seruan lagi ikut race gratisan Milo Run (Juli 2016) di seputar Kuningan-Menteng yang super rame. Kategorinya cuma 10K. Di sini bahkan catatan waktu gw lebih buruk (1:18) daripada di RFE. Tapi gak papa lah.
Jadi anak Milo dulu...


Setelah itu, mulai tertantang buat ikut kategori lari dengan jarak yang lebih jauh lagi. 
  • Diawali dengan Astra Green Run (Oct 16) di Ancol. Ikut kategori 15K. Hitung-hitung latihan sebelum race minggu depannya. Larinya sih santai tapi capek juga haha. Di sini gw benar-benar belajar endurance. Sempat kram betis di KM 12-an, tapi kemudian ingat ajaran Sisca: kalo kram betis, coba lari dengan tumit duluan menginjak tanah. Pelan-pelan rasa sakit hilang. Well, gak dapat PB juga sih, tapi gw bisa mengukur kemampuan dan kepercayaan diri buat bisa lari Half-Marathon minggu depannya :). Pace 8.17 oke lah.
The best thing dari ikutan race: dapet 
banyak official photo.... 
...kalo beruntung ;D
Tipsnya: jangan keliatan cape tiap 
ada kamera. Akting ajaa, akting ;D

With beb Sisca, sang inspirasikuh ;p

Kok gelap amat kita di sini yah haha..

  • Minggu depannya, my running milestone has accomplished: officially Jakarta Marathon (Oct 16) Half-Marathon finisher! Andri finished his 2nd Full Marathon after Bali Marathon. Race ini super seru, berasa banget aura race akbar karena semua komunitas lari berkumpul dan sangat mendukung satu sama lain. Belum lagi hujan turun yang bikin foto-foto larinya berasa lebih dramatis. Sekali lagi, begitulah nagihnya ikut race, soalnya dapat banyak foto ;p.
Entah kenapa gaya gw dan mas-mas di sebelah gw 
nampak sama :D


Gw sendiri juga ngerasa larinya enak banget. Lumayan bisa lari non-stop sampai KM 16-17an dengan pace santai. Cuaca mendung berangin sangat mendukung. Secara catatan waktu, sebenarnya gw gak punya target tertentu. Official time 03:04 dengan average pace 8.30 Lumayanlah, masih di sekitaran 3 jam buat pelari selow macam gw.

Well, this race event deserves one dedicated posting. Mudah-mudahan punya mood dan semangat deh buat nulis postingan khusus tentang my 1st half-marathon ini.

***

Next race? Hmm, masih ada plan buat ikutan 2 race seru di depan mata nih :).
Mungkin setelah itu mau slow down lagi buat another effort of trying to conceive.

Tapi yang jelas, gw sangat membenarkan postingan Teh Ninit yang pernah bilang di salah satu postingannya bahwa: running makes me happier person... Endorphin itu yang bikin nagih. Gak cuma gw doang, Andri pun begitu. Begitu pula ke kualitas hubungan kita yang somehow semakin connected sejak sama-sama suka lari. 


Semoga bisa sehat terus supaya bisa lari terus dan happy terus! 

Hmm, kok sounds freak ya hehehe

You May Also Like

2 komentar

  1. Des... lagi browsing soal IVF eeeeh ketemu blog kamu... keep update ya desss..
    senang banget bisa lihat kamu sering lari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luluuu, maaf baru diresponse.... Iyaa nyoba buat rajin olahraga, dan yang paling gampang buat aku ya lari... Semoga rajin terus niih hehe

      Lulu semangat yaaa, semoga dimudahkan programnya... Dan segera terwujud impian kita semua yahh.. Aamiin aamiin..

      Delete