#EUROTRIP – PREAMBULE ET CETERA

by - 11:22 AM

*tarik napas kumpulin mood supaya bisa posting sampe cerita last day vacation*

Reasons behind

Niat buat bisa liburan emang udah dari jaman dulu kala. Kurang lebih ceritanya kayak gini. Jadi yah diusahain banget ngumpulin duit supaya tiap tahun bisa liburan. Minimal getaway-getaway centil selain Bandung supaya gak sumpek-sumpek amat didera macet tiap hari sama kerjaan yang gak pernah abis. So typical reason lah ya.

But along the way, things happened. Priority bites, kinda.

Tahun lalu sibuk sama pindahan dan urusan printilan rumah yang kayanya gak abis-abis. Eh ampe sekarang siy. Liat aja kamar anak yang belum kelar-kelar. Trus fokus b project, bolak-balik rumah sakit, dan sempet hibernasi sejenak. Sebenernya sempet ngehayal liburan ke sana-sini segala, tapi karena bla bli blu, akhirnya end up ke BALI di tengah-tengah musim penghujan. Ya itu juga ALHAMDULILLAH buanget banget.

Sampe akhirnya di suatu hari, entah ada malaikat mana yang berbisik ke suamiku untuk nge-Path quote ini.


Wuaaa, langsunglah akyu cabcus buat browsing aneka destination lengkap dengan worksheet isi comparison tabel budgetnya. Pedih rasanya kalo inget kata-kata @mrshananto , “Finance bukan sastra,” Ini angka duit semua lho! Etapi terus sumringah lagi kalo inget kata-katanya yang lain, “Salah satu fungsi uang ya buat di-spend,” ;p

So, BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM, we (it was ME, to be precise) picked one dream destination to be visited: WEST EUROPE.

Image taken from here
Etapi gak semuanya divisit juga siy...

Why West Europe?

Why not?

Because it’s West Europe!!!

Cita-cita pengen pergi ke negaranya orang bule sudah terpatri di dalam hati sejak dini, aeh apa siy. Apalagi waktu tinggal di Balikpapan dulu kan suka sok-sok berasa tinggal di American neighbourhood hihihi, jadi ya daripada halusinasi berkelanjutan dan ada kesempatan untuk mewujudkannya, let’s make this happened!

Ya memang karena kesempatan (waktunya) lagi ada dan dananya pun alhamdulillah lagi ada. Andri pas lagi waktunya ambil cuti panjang. Gw juga masi punya sisa cuti tahun lalu, walopun dikit, hajar ajah. Kapan lagiii? (Hmm next couple years with our kiddos, amiiiinn *tetep ngarep hihihi*).

Ini kesekian kalinya gw ke Europe (in my DREAM and VIRTUAL traveling ;p), dan PERTAMA kalinya dalam kehidupan NYATA hehehe. Buat Andri, ini yang kedua kalinya setelah hampir dua puluh tahun lalu Eurotrip sama alm. Papa-mama dan Uni Lia. Andri said, Europe is one must visit place in the world, at least once in a lifetime, when you have the chance. Tapi mau sekarang, tahun depan, atau sepuluh tahun lagi gak masalah karena Europe gak banyak berubah. Ah aku mah mau sekarang, tahun depan, DAN sepuluh tahun lagi juga gak masalah kok beb hihihi.


How do we travel?

Ini juga perdebatan dan diskusi seru berminggu-minggu: tour group vs independent travel.

Kalo ngeliat perbandingan biaya sebenernya gak terlalu jauh beda (UPS, langsung dihajar massa traveler :p). Ehm sebenernya bisa jauh lebih murah independent travel, mengingat buanyaknya source informasi transportasi dan akomodasi terjangkau di internet: macam skyscanner buat flight options, coachsurfing buat nginep gratis, airbnb yang punya various price range, atau pilihan menginap di kereta yang juga sangat nyaman. Btw, go to this girl’s blog for Eurotrip-on-a-budget tips galore.

Tapi kan pilihan ini didasarkan pertimbangan:
  1. Style liburan, yang berkaitan erat dengan kepribadian: adventurous-explore vs laid-back (baca: males mikir)
  2. Misi liburan: honeymoon-leyeh leyeh-gak mikir vs kabur-dari-kenyataan-yang-penting-liburan (haha ini mah getaway ke Puncak juga cukup ;p)
  3. Budget liburan: terbatas vs terbatas banget
Dan mengingat kami tergolong tipe banci alias in-between alias sebenernya-gak-mau-repot-tapi-sok-mau-explore-dengan-budget-agak-terbatas, maka akhirnya pilihan pun jatuh padaaa.... tour group aja deh! Hahaha kesannya gak mau ngaku gitu ya kalo sebenernya males mikir. Kalo kata Laila, sang maestro traveler, di sini, traveler itu ada kastanya: tourist or traveler or even travel snob. Dan kalo ngeliat ciri-cirinya, I will proudly say that we are: traveler slash tourist! Hahaha teteeep, gamau ngaku. Yeah apapun itu, yang penting... ke Eropaaahh! *baiklah, proven noraknya*

Anyway, nanti di posting seri terakhir dari edisi #eurotrip ini (seriously, gw udah buat outlinenya. Mudah-mudahan gak males aja ngetiknya hihihi), gw akan share pro-cons nya traveling with tour group.


What to prepare?

I won’t share about visa preparation etc. Di google udah buanyak nyak nyak. Tapi ini lebih ke persiapan fisik dan mental ;p. Gak deng, lebih ke persiapan umum umum aja. Based on personal experience juga sih kemarin sebelum pergi agak clueless mau mulai dari mana siap-siapnya.

Intinya sih, bawa all essential things untuk hidup selama 10-12 hari.

  • Organizers / pouches

How I love the idea of organizers! It really helps and ease my travel life. Dibaginya berdasarkan isinya aja:
  • Chargers              : Iphone, blackberry (padahal gak nyala), kamera. Btw colokan di Europe sama kayak di Indonesia (2 lubang), jadi gak perlu bawa adaptor tambahan. Tapi kalo mau jaga-jaga gak papa juga siy bawa international adaptor. Intermezzo soal perjuangan nyari international adaptor ini kemaren gak nemu juga setelah keliling Ace Hadwarde, Giant, dan toko listrik seputar Gandaria-Pondok Indah-Bintaro. Ada sih, di American Tourister di Metro. Tapi harganya 400 ribuan bok! Gak rela kita. Tapi akhirnya nemu juga di.... MINI STOP yang belakang LotteMall. 70 ribuan sajah.
  • Toilettries            : sabun, sikat gigi, odol, shampo, facial wash. All liquid; travel or sample size. Cukup kok buat 2 minggu. Mandinya kan 1x sehari. Dingin bok hahaha.
  • Personal care     : minyak kayu putih (!!!), bedak bayi, body lotion (kalo bisa yang rich cream, soalnya udara dingin bikin kulit jadi lebih cepet kering). All below 100ml ya.
  • Skin care              : serum, moisturizer, sunblock (A must must! Soalnya sering jalan outdoor dan gak sadar kena panas matahari karena udaranya dingin), eye cream (ini mah faktor usia). Foundation juga gw masukin ke pouch skin care soalnya ukuran botolnya lumayan gede.
  • Make up              : concealer, eyebrow, eyeshadow, eyeliner, maskara, bedak, lipstik. Eh lip balm yang rich/oily juga wajib bawa! Soalnya bibir jadi lebih gampang kering. Gw pake Palmer’s Lip Butter rasa Dark Chocolate & Peppermint dan cinta banget sampe sekarang :))
  • Obat-obatan     : Selain obat yang lagi wajib diminum harian, gw juga bawa Promag, Diatab, Tolak Angin 1 pak, Neuralgyn, dan Neozep. Eh bawa Imboost juga. Semua buat jaga-jaga aja. Alhamdulillah gak ada yang kepake sampe pulang.

Kiri ke kanan: Personal care - skin care - make up
Depan: toilettries
My essential skincare.
Btw itu Olive Oilnya Wardah works like MAGIC!! It saves my skin from dehydration!!
Super a-must-must bring!

·         Travel bag
  • Koper gede: better if expandable, biar gak perlu beli koper lagi kalo mendadak banyak belanja. Tapi yang penting, masih banyak ruang buat tempat barang-barang yang bakal dibeli. Percaya deh, walopun niatnya gak belanja, tapi pasti ada lah khilaf belanja dikit ;p
  • Koper kecil atau multi-purpose bag kayak Longchamp yang gede: buat di cabin. Isinya one-day essential things aja.
  • Daily handbag  : selain isi dompet, paspor, powerbank, travel documents, gw juga selalu bawa sarung tangan wool dan syal di tas. U never know how chill it will be. Angin di Amsterdam, Brussel, dan Paris itu dingiiin! Trus gw sempet bawa make up pouch di tas tapi karena lumayan berat dan makan tempat, lama-lama cuma bedak, lipbalm, sama lipstik aja yang dikeluarin.

Btw quick tips dari tour leader gw untuk minimize resiko kecopetan, keluarin duit cash seperlunya sesuai keperluan harian dan taro di kantong celana atau jaket. Jadi tiap mau beli-beli gak perlu ribet keluarin dompet. Kecuali tiba-tiba impulsive mau belanja, yaa atur aja lah hehe.

Daaaan kalo bisa, tukar SEMUA duit yang mau di spend langsung ke Euro, pas masih di Indonesia. Simply biar gak ribet dan gak sayang aja kena selisih kurs yang lumayan kalo musti tukar duit di Europe atau dari tarik duit ATM. Kecuali pake credit card, beda cerita ya.

Super duper love this Alexa bag! Perfect leather, perfect size, quite versatile as well!
Agak di abuse tapi masi mantapp hehe

Total bawaan pergi dan pulang.
No additional bag. No extra baggage. Yeay!

Anything’s missing?

Sebanyak-banyaknya browsing dan ‘research’, tetep aja ada yang kelupaan ato gak kepikiran, seperti di antaranya:
  •   Obat batuk
H-1 padahal udah minta Andri ingetin buat bawa obat batuk. Soalnya udah berasa agak batuk. Tapi ya namanya juga lupa, ya lupa aja. Walhasil selama hampir 13 jam di pesawat, batuk gw bener-bener berasa ganggu. Ajaibnya, di hari ke-3/4, batuk gw perlahan-lahan menghilang. Emang bener ya, liburan = obat! Hihihi
  •           Food appetizer

Awalnya sempet kepikiran mau bawa rendang, abon, sambel-sambelan, ato apaan lah buat jaga-jaga gak cocok sama makanannya. Tapi dipikir-pikir, liburan ya harus taste local food dong. Dan gak salah sih, karena emang selama di perjalanan gak terlalu bermasalah sama makanan. Tapi agak nyesel gak bawa sambel botol ato sachetan macam ABC, karena di Europe gak nemu chilli sauce. Adanya tomato sauce atau mayonaise. Maklumlah, udah kebiasaan makan apa-apa nyocol sambel botolan. Jadi mau gak mau harus terbiasa sama local food yang cenderung plain.


Hmm apa lagi ya? Nanti kalo keingetan gw update deh.

Baju gimana baju? Sabar yaa *alesan, padahal dah mulei males ngetik hihihi*


Nanti lah gw lanjutkan yaaaa, still have 10-days-story to share! :))

You May Also Like

2 komentar

  1. Sarung tangan aku ditinggalin di Belandaaa ish ish! itu semacam doa ya Mbak biar aku kesana lagi hahaha

    ReplyDelete
  2. ISHH iya banget! Tepatnya di resto fish & chips *lupa nama restonya* di Volendam yaa.. Btw wardrobemu belum gw balikin yak hihihi

    ReplyDelete