Pregnancy Update: 20 Weeks!

by - 5:50 PM

20 weeks baby bump, finally!
Alhamdulillah... minggu ke-20 kehamilan sudah terlewati. Congratulations, you've hit the halfway mark in your pregnancy, gitu kata hampir semua apps pregnancy yang gw download. Btw sejak awal hamil gw download 5 apps. Semuanya free haha: BabyCenter, Pregnancy+, Ovia Pregnancy, What to Expect-Pregnancy, dan Teman Bumil. Terfavorit so far: BabyCenter dan What to Expect karena banyak artikelnya. Dr. Handi pun menyarankan gw download BabyCenter.

Rasanya waktu berjalan lebih cepat dibandingkan di trimester pertama kemarin. Mungkin karena rasanya badan lebih fit juga ya, jadi lebih bisa melakukan banyak aktivitas dibandingkan trimester pertama yang super duper mager.

Apa aja sih highlight hingga minggu ke-20 ini?
Selera makan (hampir) kembali ke asal
Memasuki trimester kedua kehamilan, rasa mual dan eneg sudah sangat berkurang. Sesekali masih suka muncul sih, terutama kalo lagi sikat gigi pagi atau pas perut lagi lapar banget. Tapi jauh lebih mending dibanding trimester pertama. Begitu pula indera penciuman sudah hampir kembali normal.

Walhasil selera dan kebiasaan makan sudah bisa kembali 'normal'. Sarapan dan makan malam gak harus nasi lagi. Tapi dalam sehari tetap harus makan nasi. Gak bisa diganti sama karbo lain seperti mie/pasta/kentang, apalagi roti. Menunya pun lebih suka menu Indonesia macam nasi Padang, nasi ayam penyet, nasi sop buntut, dll dll. Anak Ibu selera nusantara nih hehe..

Supaya gizi tercukupi dan urusan pencernaan lancar, setiap pagi gw memulai sarapan dengan buah apel/pir dan susu/air lemon+jahe hangat. Setelah itu lanjut makan agak berat. Biasanya roti panggang isi macem-macem tergantung selera dan isi kulkas hehe. My all-time fave: roti panggang isi grilled chicken/beef, jamur, bayam, dan keju mozarella. Selain itu, dokter gw menyarankan untuk mengkonsumsi yoghurt setiap hari karena bagus untuk membantu mengurangi keputihan.
Toast with grilled chicken yummy!
Badan lebih fit
Alhamdulillah badan rasanya juga lebih fit dan lebih jarang sakit. Di trimester pertama gw sempat flu, batuk, dan ISK (Infeksi Saluran Kencing). Dokter pun sudah approve untuk melakukan olahraga ringan, seperti yoga atau slow jogging. Sejak memasuki minggu ke-11 kehamilan, gw juga sudah diizinkan untuk menyetir sendiri asal gak terlalu lama dan jauh. 
Post 30min walk: feeling so fresh!
*plis jangan salfok sama pipiku yg mengembang!*
Gender reveal!
Pada saat kontrol kedua kalinya dengan dr. Handi di minggu ke-14, beliau sudah bisa menerka jenis kelamin janin gw pada saat USG. Beberapa minggu kemudian, gw sempat kontrol dengan dokter lain dan beliau juga menyatakan jenis kelamin yang sama.

Ternyata feeling gw selama ini salah. Justru feeling Andri dan tebakan beberapa teman yang benar mengenai jenis kelamin calon bayi gw. Hehehe gimana sih Ibunya... Gak masalah banget sih, buat gw perempuan atau laki-laki sama aja. Asal sehat dan normal. Yang jelas sih Andri seneng banget karena sejak awal memang pengen jenis kelamin calon bayi kami sesuai dengan feelingnya :).

Tasyakuran Empat Bulan Kehamilan
Seperti yang sudah gw share di postingan ini, di minggu ke-17 kehamilan kemarin gw dan Andri mengadakan syukuran kecil-kecilan di rumah untuk bersyukur atas rezeki yang sudah diberikan, salah satunya kehamilan ini dan juga berdoa supaya kehamilan lancar hingga melahirkan dan diberikan kesehatan untuk semua. Aamiin.

1st Kick!
Memasuki minggu ke-17, gw mulai merasakan ada yang aneh di perut gw. Seperti ada colekan-colekan kecil. Gerakan janin semakin terasa di suatu pagi di minggu ke-19, seperti ada yang 'heboh' di dalam perut gw. Semakin lama semakin berasa geli sih hehe. This is one of the best feeling during pregnancy ~ feels that the pregnancy is real!

Belakangan gw mulai hafal dengan waktu puncak aktif gerakannya. Biasanya sore hingga malam menjelang tidur. Kadang di dekat pusar, kadang di bawah perut yang seperti digelitikin. Dan mulai bisa diajak main-main juga hehe. Gak sabar deh rasanya pengen main bareng beneran!

Celana/rok dan baju dalam mulai sempit
Banget! Terutama celana. Gw sudah 'merumahkan' beberapa celana karena udah gak bisa dipakai. Kalo baju gw mostly all size, jadi masih cukup nyaman dipakai. Beberapa baju dalam, terutama bra, pelan-pelan harus disingkirkan dulu. Gw baru beli 2 nursing bra yang sudah mulai dipakai. Rencananya nanti mau beli lagi sekitar 1-2 bulan sebelum melahirkan supaya ukurannya sesuai.

Yang juga sudah harus disingkirkan dulu adalah baju olahraga. Beberapa legging lari gw udah bhay karena gak bisa dipakai. Begitu pula dengan sports bra, kecuali ada 1 sports bra Adidas yang terakhir gw beli masih bisa dipakai karena pakai kaitan belakang jadi ukurannya bisa di adjust. Baju lari masih ada lah yang bisa dipakai karena mostly ukurannya gak body fitted juga.

Paling nyaman memang pakai dress karena perut rasanya bebas. Gw lagi nyari beberapa dress dan atasan yang versatile, jadi bisa dipakai sampai nanti setelah melahirkan juga. Kalau punya rekomendasi brand yang menjual simple versatile dress, modelnya classic tapi stylish, boleh saran yaa buibuu....

Makin suka dandan & Nonton tutorial make-up di Youtube
Pregnancy glow on 2nd trimester? Hmm, sejauh ini sih gw merasa biasa aja. Malah jadi lebih gampang breakout dan flek/spotting semakin jelas :(. Tapiii sama sekali gak mengurangi niat buat dandan hahaha. Tiap keluar rumah pasti pengen terlihat rapi dan polished, biar gak keliatan bluwek gitu hihi. Biasanya males banget pakai foundation dan eyeshadow, sekarang hampir selalu pakai. Mungkin efek sekarang lebih sering di rumah juga kali yaa. Jadi kalo keluar rumah pengen all out hehe.

Trus juga jadi semakin suka nonton tutorial make-up di Youtube. Walopun rasanya juga gak terlalu menambah skill make up gw pribadi, tapi pas tonton rasanya seneng aja. Malah entah kenapa jadi mulai bosen skincare-an. Duh not a good sign nih. Harus lebih rajin skincare-an dan merawat muka yang udah mulai bruntusan di mana-mana :(.
Muka bruntusan dan breakout yg semakin jelas...

Babymoon!
Sebelum perut tambah berat dan sebelum bulan puasa juga, agenda babymoon harus disegerakan hehehehehe. Tentunya udah approved by Pak Dokter dong. "Mau ke Bali, ke mana juga boleh kok," ucap dr. Handi santai sambil membuat surat izin terbang. Yeayy!

Cerita selengkapnya tentang Bali Babymoon di postingan terpisah aja yaaa :)

Di balik semua highlight itu, adakah keluhan yang dirasakan?
Masih suka light spotting
Biasanya setelah jalan terlalu banyak dan merasa kecapean, timbul flek tipis coklat di pantyliner gw. Pernah karena saking paniknya, gw langsung kontrol ke RSPI Bintaro deket rumah dengan dr. Aditya. Alhamdulillah setelah dicek semuanya normal. Dinding rahim gw cukup tebal, sehingga minim resiko janinnya keluar sebelum waktunya.

Menurut dr. Handi pun light spotting selama kehamilan ini masih cukup wajar akibat mulut rahim yang rapuh, asalkan flek yang keluar sedikit dan darahnya berwarna coklat yang merupakan darah lama. Bumil harus waspada jika flek yang keluar berupa darah segar (berwarna merah) dan ada gumpalan, apalagi disertai sakit perut.

Keputihan
Ini juga biasanya terjadi kalo gw merasa kecapean. dr Aditya meresepkan probiotik untuk membantu menguranginya, dan dr Handi pun menyarankan untuk minum yoghurt setiap hari. Yoghurt adalah salah satu sumber probiotik terbaik. Btw gw jadi inget dulu dr. Devindran juga menyarankan untuk sering mengkonsumsi probiotik supaya sehat dan pencernaan lancar. So, drink yoghurt everyday is good for you lho buibu!
Mix yoghurt fave: biokul + frozen banana + frozen blueberry
Sakit di perut kiri bagian bawah
Di suatu malam di minggu ke-17, gw merasakan perut bawah bagian kiri sakit seperti ada yang menekan. Besoknya ketika bangun juga masih berasa sakit. Setelah gw browsing, hal itu cukup wajar terjadi di trimester kedua akibat terjadinya ukuran rahim yang semakin membesar. Rasa sakitnya baru hilang total setelah 2 hari.

Mulut pahit dan banyak ludah (hiper-saliva)
Sampai sekarang pun, gw masih suka merasakan hal ini. Biasanya kalau lapar. Tapi syukurnya tidak mengurangi selera makan hehe. Jadi ya dinikmati aja. Atau biasanya gw siasati dengan banyak minum air putih dan makan buah.

Sakit pinggang
Ini adalah satu keluhan yang juga dirasakan kalau terlalu banyak jalan atau terlalu banyak duduk. Solusinya: minta Andri pijet punggung dan pinggang sambil oles-oles minyak kayu putih kemudian lanjut tidur dengan bantal hamil hihihi. Ini cukup efektif lho untuk mengurangi sakit punggung yang mulai sering datang.
Bantal hamil yang ternyata makan space tempat tidur haha
***
Alhamdulillah, setengah perjalanan kehamilan gw terasa lebih banyak hal yang menyenangkan. Kata dokter sih juga gitu, sekarang emang lagi enak-enaknya. Nanti gak enak lagi sekitar sebulan sebelum lahiran. Bismillah aja.... Yang penting tetap berusaha hidup sehat, positive thinking, dan menerima semua perubahan fisik-mental yang terjadi dengan seikhlas mungkin.

Semoga informasinya ada yang bermanfaat yaa! Atau mungkin ada yang jadi kangen hamil lagi? Hehehe... Kalo ada tips-tips buat mengurangi keluhan di atas, boleh sekalian di share yaa buibuu...

You May Also Like

3 komentar

  1. Aku bra udh pada sesek mba decii, udh beli 2 nursing bra yg ukuran cup dan lingkar dadanya naik 1. Hahaaa.�� Celana juga udh harus karetan. Baby bumps belum muncull, baru 14w. Hikssss ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laelaaa... pa kabab bumiiiil hehehe..
      Ini aku beli ukurannya +1 masih kegedean haha.. Makanya nanti belinya pas 1-2 bulan sebelum lahiran aja biar lebih pas hihi..
      Celana yg paling cepet sempit. Baby bump baru keliatan bgt pas masuk 16 mingguan... Enjoy pregnancy ya Laelaaa *mwuaahh

      Delete