#menujukinclong yang berlanjut

by - 5:11 PM

Tahun 2014-2015 kemarin bisa dibilang tahun boomingnya make up, terutama lipstik ya.  Lebih spesifik lagi, lipstik matte. Banyak banget brand yang akhirnya me-launch lipstik matte, khususnya dalam format lipstik kuas. Brand lokal dan non-lokal. Banyak juga indie brand yang memang hanya me-launch produk lipstick saja (familiar with Melt, Dose of Colors, Ofra, Lonely Planet, etc?). Thanks to Buncila alias @clovique, temen #gengracun yang paling rajin mengirimi racun-racun lipstik ini dan tagging semua anggota #gengracun tiap ada lipstik baru. Daaan gak cuma Buncila aja sih, semuanya! Dini, Tisha, Mamih, Cicot, Goto, Lioni juga rajin share info seputar lipstik. Ehm gak cuma racun lipstik sih yaa. BANYAK!! Gosipnya juga banyak hehehe.

Selebgram-selebgram yang gw follow pun seolah gak berhenti meracuni lipstik-lipstik baru yang semuanya berasa harus dicoba. Lagi-lagi, untung ada #gengracun tercinta, di mana kita bisa saling nyoba lipstik aneka brand dan warna tanpa harus beli sendiri. Walopun dibandingkan yang lain, gw termasuk yang jarang beli sih hehe. Beneran nih, gw harus bikin postingan khusus tentang #gengracun gw iniii. 

Lipstik-lipstik bergelimpangan. Ini belum seberapa loh...
Biasanya lebih banyaaak
Kegiatan #gengracun kalo ngumpul: dandan, nyobain lipstik/
makeup, foto-foto..

Sekitar akhir 2015 kemarin, kalo gw perhatikan racun beauty product di socmed sempet bergeser sedikit. Mulai banyak yang share soal skincare. Kok ya momennya pas banget sama kondisi skincare gw yang udah pada mau habis, dan lagi berpikir buat ganti brand. Karena gw juga mengalami yang namanya resisten sama produk tertentu. Udah gak berasa wow-effectnya lagi tiap kali habis pakai produk itu. Mungkin kulitku lelah.... Dompetku juga :(...

Selain itu, kalo gw perhatikan statistics postingan di desktop blogger, yang viewsnya paling tinggi sekarang ini adalah postingan #menujukinclong2014. Bersaing ketat sama postingan-postingan tentang baby program hehe. Kinclong is so happening now! Tentunya, lagi-lagi gw sebagai kaum anti-kekinian in-denial harus ikutan dong hihihi.

Dari berbagai research; browsing gak kelar-kelar, follow selebgram yang memang skincare addict dengan reference skincare yang luar biasa, ngulik category skincare di Femaledaily (gengnya mbak @deszell @beningbersinar dkk ini memang super resourceful!), yang paling susah emang bagian memutuskan mau beli yang mana. Too many products, too many brands. Needs vs wants. Save vs splurge. Pada akhirnya emang balik lagi ke jargonnya Ligwina Hananto: #tujuanloapa hehe. Dengan mempertimbangkan kondisi kulit dan tentunya.... BUDGET! Oh oh oh.

Kondisi kulit : Normal cenderung kering
Keluhan / permasalahan kulit :
- Bagian mata mulai terlihat keriput dan dark circle (well, same old story continued)
Dry patch di beberapa area 
- Skintone tidak merata
- Terkadang terlihat kusam

Bukan berarti skincare regime gw sebelumnya gak berhasil yah. Sering juga kok gw merasa kulit gw lagi bagus-bagusnya (biasanya kalo abis maskeran, cukup tidur, minum banyak, dan lagi disiplin cuci muka tiap malem hehe). Tapi adanya list keluhan itu membantu gw untuk lebih fokus cari produk apa yang sesuai dengan kebutuhan gw.

Dan... inilah skincare regime update sejak 3-4 bulan terakhir. Yeah, new year, new skincare hehe. 

MALAM
1. Cleanser #1 - Menard Tsukika cleansing cream 
Gw suka banget after-effect dari produk ini. Kesannya benar-benar bersih dan wanginya enak. Lembut menenangkan gitu. Biasanya gw pakai di wajah yang kering, pijat-pijat sedikit, kemudian dibilas dengan kapas yang sudah dibasahi sedikit (ditepuk-tepuk pakai tangan yang basah). Jadi rasanya benar-benar terbilas sempurna, tapi gak basah.
Repurchase? YES. Tapi honestly aku pengen coba-coba cleanser brand lain dulu. Terlalu banyak brand yang menggoda di luar sana hehe.

Alternatif cleanser #1 - Hadalabo Cleansing Oil
Ini juga produk murah meriah  (harga sekitar 70 ribu) yang kualitasnya bagus. Cara pakainya juga sama dengan Menard tadi. Taruh 2-3 olesan minyak di tangan kiri, satukan dengan tangan kanan, pijat-pijat di wajah, dan bilas dengan kapas yang sudah dibasahi sedikit. Walaupun teksturnya oily, after effect-nya sama sekali gak bikin kesan berminyak. Cuma baunya yang kurang enak sih. Bau minyak. Tapi gak ganggu sih.
Repurchase? YES. Ini oke buat alternatif cleanser kalo sayang pake cleanser yang mahal  cepet abis hehe.

2. Cleanser #2 - NUXE Comforting Cleansing Milk
NUXE tergolong brand drugstore asal Perancis yang belum lama masuk Indonesia. Launching campaign-nya lumayan kenceng, banyak pakai beauty blogger sebagai endorsernya. Dan gw berhasil teracuni untuk beli beberapa produknya. Gw tertarik karena beberapa produknya diklaim alcohol free dan paraben free di bagian label keterangan produknya.

Cleansing milk ini teksturnya agar cair dan daya bersihnya cukup oke. Gw biasanya pakai di seluruh wajah sambil dipijat-pijat, setelah itu dibilas dengan kapas kering. Mungkin karena gw pakai sebagai cleanser kedua, jadi gak pernah lihat kapasnya masih kotor banget. Yang gw kurang suka dari produk ini adalah wangi rose-nya yang cukup strong.
Repurchase? MAYBE.

3. Hydrating toner - NUXE Gentle Toning Lotion
Gw suka banget produk ini! Sangat menghidrasi tapi gak lebay. Mungkin karena seperti klaimnya, alcohol free, jadi sama sekali gak bikin kering. Wangi rose-nya gak terlalu strong seperti cleansing milknya.
Repurchase? YES.

4. Toner / pre-serum (?) - MENARD Beaunesse 
Gw beli ini dimaksudkan sebagai pengganti FTE SK-II, karena secara fungsi gw pikir sama dan harganya lebih murah untuk isi yang lebih banyak. Di kemasannya disebutkan bahwa Menard Beaunesse adalah toner, tapi dari browsing lebih lanjut, ada juga yang mengkategorikannya sebagai pre-serum atau light exfoliating toner. Gw belum seniat itu untuk menelaah lebih lanjut apa komposisi produknya supaya bisa mengkategorikan sebagai pre-serum atau toner (baca: malas) hehe.

Gw suka produk ini karena gak ada baunya, beda sama FTE SK-II yang baunya aneh itu. Kalo dipake dalam jumlah yang benar alias cukup royal, akan berasa seperti ada efek cooling di wajah. Tapi efeknya menurut gw kalah sama FTE SK-II. Kurang berasa se-cling kalo habis pakai FTE SK-II. 
Repurchase? MAYBE, sambil browsing-browsing alternative lain.

5. Serum - Estee Lauder Advance Night Repair 
Ini juga salah satu produk favorit! Efeknya itu lho, bisa bikin kulit berasa lembab kenyal sehat gitu. Ini botol kedua yang gw beli.
Repurchase? MAYBE, karena gw lagi ngincer serum brand lain :)

6. Eye cream - Clinique All About Eyes Rich
Belum sah kalo bobok gak pake eye cream. Apalagi kayaknya masalah keriput dan dark circle semakin terlihat. Tapi belum nemu juga nih gantinya. Doakan saya untuk istiqomah menghabiskan eye cream ini hehe.
Repurchase? MAYBE, sambil browsing-browsing alternative lain.

Current night routine...

Rangkaian gw ini super basic lho. Kalo mau ideal, rangkaian skincare regime malam itu bisa berlanjut lagi. Masih ada facial mask (gw kagum Fika bisa pakai 3 sheet mask sekaligus!), emulsion, face oil, sleeping mask, dll, dll. Belum lagi serum itu ada macam-macam; antioxidant serum, hydrating serum, dll dll..

Bukannya apa-apa, selain alasan utamanya adalah malas (yeah), gw gak suka kalau tidur dengan muka yang berasa 'berat' dengan krim. Selain itu, kadang-kadang Andri juga aware kalo gw pake krim yang tekstur atau baunya aneh. Ntar kalo malem-malem dia gak mau cium gw kan susah yeee hehehe


PAGI
1. Cleanser #1 - NUXE Comforting Cleansing Milk
2. Hydrating toner - NUXE Gentle Toning Lotion
3. Toner / pre-serum (?) - MENARD Beaunesse 

4. Serum - Antipodes Worship
Sejak awal liat produknya dan direview oleh beberapa beauty blogger, gw udah pengen banget nyobain. Apalagi sejak berencana baby program, gtertarik banget sama skincare organik dan natural.

Yang gw suka dari produk ini adalah wanginya yang fresh banget dan harganya cenderung lebih murah untuk produk serum.

Tapi begitu nyoba, gw terus terang agak kaget karena teksturnya light banget, gak seperti serum lain yang gw tau di mana teksturnya lebih rich. Cara pakainya biasanya gw teteskan sebanyak 3-5 tetes di tangan kiri, gw satukan dengan tangan kanan, kemudian langsung di apply ke wajah. Nah si Antipodes Worship ini harus cepat-cepat di apply ke wajah karena dia sangat cepat meresap ke kulit wajah. Jangan sampai meresapnya di kulit tangan ya. Rugi! Hehehe
Repurchase? MAYBE, karena gw lagi ngincer serum brand lain :)

5. Pelembab - NUXE Anti-Fatigue Moisturizing Cream
Saking penasarannya sama Nuxe sampai beli 3 produk sekaligus. Gw suka tekstur dari pelembab ini. Creamy; gak terlalu cair seperti Hadalabo dan gak terlalu kental seperti Kiehl's Ultra Facial Cream yang pernah gw pakai. Pelembab ini juga cepat meresap ke kulit wajah. Tapi sama seperti cleansing milknya, gw kurang suka dengan wangi rose-nya yang terlalu strong. Selain itu, harganya lumayan mahal untuk ukuran moisturizer (4o gr - 440rb).
Repurchase? NO. I think moisturizer is kind of skincare that we don't need to splurge.

6. Eye cream - Clinique All About Eyes Rich

Intermezzo soal perawatan mata nih. Sekitar 6 bulan yang lalu, kulit di sekitar ujung luar mata dan di bawah mata kanan gw sempat bermasalah. Sempet perih, kering-kering, kayak iritasi gitu. Bahkan sempet kelihatan seperti keriput banget dan pokoknya parah banget deh. Gw gak inget habis pakai make up atau skincare apa, mungkin alergi foundation, concealer, atau make up remover yah. Tapi anehnya cuma di mata sebelah kanan aja.

Gw sempet panik banget, soalnya kalo gak pake kacamata, keliatan banget dan jelek banget huhuhu! Saking paniknya gw sempet gak berani pake eyeliner, maskara, apalagi concealer. Biarin deh mata keliatan ngantuk daripada keriput makin parah. Karena belum sempet ke dokter kulit, nyari krim/oil apa yang bisa dipake buat ngurangin iritasinya. Eye cream Clinique ini, gak berhasil. Virgin coconut oil, gak berhasil. 

Akhirnya iseng-iseng oles... Vaseline! Mejik! Walopun gak instan, perlahan-lahan kelihatan hasilnya. Iritasinya berkurang. Sekarang bahkan udah lebih baik, walopun belum pulih seperti dulu. Tapi yang jelas sekarang udah berani pakai eyeliner dan maskara. Cuma concealer aja belum berani pake karena emang abis dan belum beli lagi hehe. Tapi kayanya gw harus selalu punya stock Vaseline di rumah. Ini life saver banget deh!

A-must in-stock!!

7. Sunscreen - SkinAqua UV Moisture Gel SPF 30
Dari beberapa produk sunscreen yang pernah gw pakai seperti Biore dan Kiehl's, ini termasuk favorit. Teksturnya gak lengket, gak bikin white cast, dan harganya murah meriah!
Repurchase? YES.

Morning routine - gak jauh beda sih sama malem yaa..

WEEKEND / SPECIAL OCCASION
Kalo weekend kan rasanya pengen lebih memanjakan diri gimana gitu ya. Nah biasanya Minggu malem di mana udah berasa aroma Senin itu, ada beberapa tahapan yang gw tambahkan.

1. Cleanser #1 - Menard Tsukika cleansing cream atau Hadalabo Cleansing Oil

2. Exfoliating scrub - Sephora Double Duty Exfoliator + Mask
Gw tertarik beli produk ini karena baca labelnya, lagi-lagi paraben free. Dan selama pake, cukup happy juga sama produknya. Wanginya fresh! Biasanya gw pakai di wajah yang kering (jangan terlalu basah), kemudian dipijat sambil digosok scrubnya, terutama di bagian hidung, dahi, dan bawah bibir yang banyak kulit matinya. Kemudian maskernya gw diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu dibilas dengan air hangat.



3. Face mask - GLAMGLOW ThirstyMud atau Esfolio Moisture Soothing Gel Pure Snail 95% atau ZZZ Snail Mucus (gak tau apa bacanya hehe)
Nah ini ganti-gantian nih makenya.
GLAMGLOW ThirstyMud ini akibat teracuni dari reviewnya Lizzie Parra. Yang gw suka dari produk ini adalah after effect-nya yang sangat melembabkan. Tapi gw kurang suka sama baunya yang manis kaya selai sarikaya. Bawaannya pengen ngejilatin hehe.

Si masker selai sarikaya...
Kalo Esfolio Moisture Soothing Gel Pure Snail ini nitip sama kakak ipar gw pas lagi ke Korea. Gara-garanya teracuni postingannya mbak Ira @beningbersinar yang lagi sering buka lapak masker siput/bekicot dari Korea karena khasiatnya yang bagus. Buat yang pengen tahu detail khasiat lendir bekicot (ewh!) bagi kecantikan, coba cek ke sini deh.

Waktu itu gw cuma pesen "...Apa aja deh Ni, yang penting masker/krim siput gituu...". Dan sesungguhnya sampai sekarang pun gw gak tau kapan/urutan pemakaian gel ini. Sesudah atau sebelum pelembab atau entah kapan. Browsing juga gak nemu. Kalaupun ada bahasa Korea. Tapi yang jelas gw suka banget pake gel ini karena baunya seger banget dan efeknya sangat menyegarkan. Teksturnya bener-bener kaya gel lidah buaya; dingin-dingin gitu. 

4 Free apa aja tuhhh... 
ZZZ Snail Mucus ini favorit banget! Ini juga nitip kakak ipar gw. Ini sheet mask, pakainya seperti sheet mask biasa aja. After effect-nya sungguhlah juara! Bikin kulit berasa lembab, kenyal, dan cling!

Apa pula ini nama brand-nya?

4. Hydrating toner - NUXE Gentle Toning Lotion
5. Toner / pre-serum (?) - MENARD Beaunesse 
6. Serum - Estee Lauder Advance Night Repair 
7. Eye cream - Clinique All About Eyes Rich

***

Dari segala kerempongan rangkaian skincare ini, emang efeknya gimana sih? Kata Andri sih gak ada bedanya. Uh dasar yah, pria itu emang gak sensitif sama yang gini-gini. Kalo kata gw sendiri sih, rasanya PUAS aja hehe. Iya puas soalnya udah berasa mau rempong dan hasilnya kulit berasa lebih bersih aja. Kinclong? Kadang-kadang iya. Tapi kadang-kadang butek juga sih, apalagi kalo pulang malem melulu #curcol. 

Lantas, apakah problema kulit wajah teratasi? 
Hmm, untuk masalah kelembaban sih iya. Sekarang kulit gw gak terlalu kering dan kusam lagi. Tapi untuk masalah warna skintone yang kurang rata, I think I need more powerful product deh. Begitu juga untuk masalah keriput atau dark circle di mata. Kalo mau lebih keliatan hasilnya memang harus treatment di beauty center sih ya. Kemaren sempet 2x facial radio frequency di klinik temen gw, emang langsung keliatan kinclong gitu hasilnya. Tapi gw pribadi gak pengen bergantung dengan treatment di beauty center.

Wishlist masih banyak nih, tapi pengennya fokus ke produk yang lebih natural dan organik, apalagi masih dalam rangka fokus baby program juga. Udah nyoba beberapa produk natural sih, reviewnya menyusul yaah..

Kalo ada rekomendasi organic/natural products yang oke, please share yaah.... Thank you :* 

Mari kita #kinclongbersama2016 !!!

You May Also Like

4 komentar

  1. Replies
    1. Iyesss Tyas hihi geli yah... Tapi pas dipake enak banget loh, dingin-dingin gitu. Setelahnya kulit berasa lembab dan lebih cling gitu hehehe

      Delete
  2. Pakai google translate apps dong kan bisa terjemahin gambar. Btw rempong banget des, kmrn gw abis cek kulit di IOMA dengan hasil memuaskan, gw cm pakai olay regenerist cream pagi n malam serta 2mgg terakhir rutin maskeran lemon pake kulit lemon yg mana lemonnya gw minum. Kadang pakai FTE skii. Gw puas bgt ama olay regenerist apalagi yg cream malam, bangun pagi moist banget. Gw kurang cocok ama skii selain mahal n kurang efek ke kulit gw, malah bagusan olay regenerist ini. Dl gw cek sblm n sesudah pakai skii dengan magic ring nya dia dan hasil lbh bagus sblm pakai skii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yan, bisa yah hihi.. Maklumlah gw gaptek :DD

      Ini belum terlalu rempong loh, ideally bisa lebih panjang lagi step2nya.. Itupun honestly gak tiap malem disiplin jalanin semua stepnya. Apalagi kalo keburu ngantuk hehe..

      Olay regenerist ya? Boleh juga buat alternatif deh... FTE SK-II di gw oke sih, tapi ya mungkin udah jenuh aja ya, udah kelamaan jadi ga berasa sekinclong dulu waktu awal-awal pake. Atau mungkin gw-nya aja yang bosen dan pengen nyobain brand skincare baru hehe..

      Delete